Profil Ipda Afan Harapansyah, Viral Kapolsek Termuda 24 Tahun Belum Menikah

Profil Ipda Afan Harapansyah, Kapolsek Termuda (Instagram/afanharapansyah)

Usai menjadi bintang tamu di program acara Brownis Trans TV, semakin santer Ipda Afan Harapansyah menjadi buah bibir warganet. Profil Ipda Afan Harapansyah, Kapolsek Termuda ini tampak tampan secara fisik.

Koranbanjar.net – Bagaimana dengan jejak karir dan latar belakangnya? Penasaran dengan pria kelahiran Bogor, 16 Juni 1999 ini? Simak profil Ipda Afan Harapansyah berikut.

Dilantik tahun 2022

Ketika dilantik pada 2022 lalu, Ipda Afan Harapansyah masih berumur 22 tahun. Saat ini, ia pun masih aktif sebagai Kapolsek Baras, Kabupaten Pasangkayu, di Sulawesi Barat.

Latar belakang pendidikan

Setelah lulus SMA di President Boarding School, Cikarang, Afan Harapansyah mencoba mengikuti tes akademi polisi (Akpol). Dia lulus tes tahun 2020 dan mendapatkan penempatan di Polda Sulbar.

Pria asal Bogor ini menyebut tugasnya di Baras terasa nyaman sejauh ini. Ia mengaku jarang berada di kantor tetapi lebih sering keliling kota Baras.

Mengenai pendidikan, saat ini Afan tengah dalam proses mendaftar beasiswa LPDP dan berencana melanjutkan studi S2 di Inggris.

Kemampuan berbahasa isyarat

Tak hanya bisa berbahasa Inggris, tetapi Afan juga mempelajari bahasa isyarat melalui materi-materi yang ada di Google dan Youtube. Kealiannya sempat dipamerkan di acara Brownies.

Ipda Afan Harapansyah memakai bahasa isyarat saat mengunjungi warga disabilitas di wilayah yang dipimpinnya. Ia melakukan pendataan warga disabilitas dan berkomunikasi dengan mereka.

Belum menikah

Kepada pembawa acara Brownies, Ruben Onsu dan Ivan Gunawan pemuda yang saat ini berumur 24 tahun itu mengaku belum menikah dan tidak masalah dengan perjodohan.

Akan tetapi, ia mengaku masih ingin mengejar pendidikan, memiliki kehidupan yang mapan terlebih dahulu, dan fokus pada kesejahteraan masyarakat Baras dulu untuk saat ini.

Jejak Karir

Berbicara soal kehidupan dan karir mapan, jejak karir Ipda Afan Harapansyah tampak menjanjikan. Sebelum dilantik sebagai Kapolsek Baras, sebelumnya ia menjabat sebagai Kaur Produk Spripim.

Pelantikan sebagai Kapolsek Baras pun tidak melalui proses yang rumit karena ia dipilih dan ditunjuk langsung oleh Irjen Pol. dr Ekobudi Sampurno. Kepercayaan yang diberikan oleh Ekobudi membangkitkan kepercayaan dirinya untuk menerima jabatan sebagai Kapolsek Baras meskipun usianya masih muda.

Setahun setelah menjabat sebagai Kapolsek, Ipda Afan menyabet 20 penghargaan. Salah satu penghargaan itu adalah gelar polsek dengan lingkungan bersih dan juara pertama sebagai Kapolsek dengan pengelolaan media sosial terbaik.

Selain itu ada penghargaan dalam kategori sinergitas 3 Pilar TNI, Polri. Kemudian ada penghargaan sebagai juara 1 Polsek dengan capaian tertinggi HUT RI ke 77 di Pasangkayu.

Demikian itu profil Ipda Afan Harapansyah, Kapolsek Termuda yang tengah menjadi buah bibir.

(Suara.com)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *