Potensi Pertanian Besar, Dinas PMD Jalin Kemitraan Bumdes

oleh -101 views
Kepala Dinas PMD HSS, Kamidi, menyampaikan sambutannya dalam Workshop Kemitraan Bumdes di Gedung Kesenian, Kandangan, Kamis (4/4). (foto: yat/koranbanjar.net)

KANDANGAN, KORANBANJAR.NET – Besarnya potensi pertanian di HSS, membuat Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Kabupaten HSS mensinergikan Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) di HSS yang bergerak di sektor pertanian dengan SKPD terkait.

Saat menggelar Workshop Kemitraan Bumdes di Gedung Kesenian, Jalan Melati, Kandangan, Kamis (4/4/2019), Kepala Dinas PMD HSS, Kamidi mengatakan, sinergitas untuk Bumdes di bidang pertanian di antaranya dilakukan dengan Dinas Pertanian, yang rencananya akan memperluas lahan pertanian organik, Dinas Tenaga Kerja Koperasi Usaha Kecil dan Perindustrian (Disnakerkop UKP) HSS, serta Dinas Ketahanan Pangan dan Dinas Perdagangan HSS untuk memperluas jangkauan pasar.

Selain itu, dikatakan Kamidi, Dinas PMD HSS juga menggandeng Bank Kalsel Syariah untuk membantu dalam hal sistem keuangan dan sebagai jembatan pemasaran.

Penyusunan kemitraan bersama SKPD dan pihak terkait lainnya ini guna mencapai tujuan dalam program RPJMD HSS yang salah satunya “Bergerak Bangkit Bersama Bumdes Meningkatkan Ekonomi Desa di HSS”.

Workshop ini diikuti 120 orang dari 35 Bumdes di Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS) yang bergerak maupun yang berpotensi di usaha pertanian. (yat/dny)

Jasa Karangan Bunga di Kalimantan Selatan