oleh

Poskesdes Kosong, Warga Kesulitan Mencari Pelayanan Kesehatan

BALANGAN, KORANBANJAR.NET – Bangunan pos kesehatan desa (Poskesdes) di Desa Lingsir, Kecamatan Paringin selatan, Kabupaten Balangan, terlihat tidak dimanfaatkan.

Padahal, pembangunan gedung permanen itu telah menelan dana hingga ratusan juta rupiah tersebut. Diperkirakan, sejak 3 bulan terakhir poskesdes itu tidak ditempati oleh bidan desa sehingga pelayanan kesehatan untuk masyarakat setempat nyaris lumpuh.

Kamis, (30/08) Ja’far warga Desa Lingsir mengungkapkan kepada koranbanjar.net bahwa sudah sekitar 3 bulan poskesdes itu tidak dihuni oleh bidan desa sehingga pelayanan kesehatan untuk masyarakat di desa ini terabaikan.

“Jika ada warga yang akan melahirkan ataupun mau berobat terpaksa ke poskesdes lain yang berada di desa tetangga,” ujarnya saat di hubungi koranbanjar.net.

Ja’far juga menyebutkan sejak poskesdes ini dibangun, memang pernah ada bidan yang menetap. Namun, beberapa bulan terakhir sudah tidak ada lagi bidan yang menempatinya.

“Poskesdes ditinggal dalam keadaan kosong dan mulai menunjukkan tanda-tanda kerusakan akibat tidak adanya perawatan. Terkadang poskesdes itu hanya digunakan untuk kegiatan posyandu saja. Setelah itu, kosong tanpa penghuni layaknya bangunan tua. Kondisi Ini sangat kami sesalkan karena tidak ada tindakan sedikitpun dari instansi terkait,” keluh Ja’far.(ami/ana)

Komentar

Dari Rubrik Pilihan: