oleh

Ponpes Darussalam Martapura Quattrick Juara Umum Hari Santri

MARTAPURA, koranbanjar.net – Malam penutupan Hari Santri Nasional 2019 Kabupaten Banjar, panitia Event Budaya Islami kembali menobatkan Pondok Pesantren (Ponpes) Darussalam Martapura sebagai juara umum. Ini merupakan yang keempat kalinya secara beruntun atau selama event ini berlangsung.

Acara penutupan Hari Santri Nasional digelar di RTH Alun-alun Ratu Zalecha Martapura, Jumat (26/10/2019) malam, berlangsung meriah, panitia mengumumkan semua pemenang 7 macam lomba.

Tujuh perlombaan itu yakni pameran stant ponpes seKabupaten Banjar, Musabaqah Tilawatil Qur’an, Festival Syair Maulid, Pidato Bahasa Arab, Musabaqah Qiraatil Qutub, Musabaqah Khattil Qur’an, dan Kirab Santri.

Baca Juga: Inilah Para Pemenang Lomba Hari Santri Nasional Kabupaten Banjar 2019

Ponpes Darussalam kembali merebut juara umum setelah mendominasi pemenang lomba, empat kali berturut-turut dalam peringatan Hari Santri Nasional .

Koordinator Umum Ponpes Darussalam, Abdul Aziz mengatakan, awalnya pihaknya sempat merasa ragu untuk ikut karena sudah menjadi juara umum sebanyak tiga kali, mengingat ada rencana lomba digelar se-Kalsel.

Ponpes Darussalam Martapura Quattrick Juara Umum Hari Santri

“Kemarin sempat dapat habar bahwa Hari Santri Nasional akan diadakan se-Kalimantan Selatan. Kami sudah persiapkan semuanya dengan kekuatan penuh, tetapi ternyata cuma se-Kabupaten Banjar. Karena sudah terlanjur kamipun ikut serta,” jelasnya kepada koranbanjar.net.

Abdul Aziz mengatakan sebenarnya ada rasa tidak enak dengan peserta yang lain dan ingin memberi kesempatan kepada peserta lain.

“Jujur kami sebenarnya tidak enak dengan Ponpes lain, ingin juga memberi kesempatan dengan yang lain, tapi karena ini sudah keputusan para dewan juri, ya Alhamdulillah,” sambung Aziz.

Meskipun Ponpes Darussalam dapat dikatakan sebagai tuan rumah karena dalam pelaksanaan Hari Santri Nasional bertempat di Martapura. Tetapi Aziz menekankan kemenangan mereka ini murni tak ada bantuan panitia dan tak ada kecurangan apapun.

Salah satu Dewan juri, Zainuddin juga menambahkan, salah satu penyebab Ponpes Darussalam terus mendominasi, karena mereka memilik santri terbanyak dan berkualitas, sehingga mampu mengikuti semua perlombaan.

“Selain memiliki santri terbanyak, Ponpes Darussalam juga memiliki santri yang berkualitas,” tuturnya. (mj-30/dra)

Komentar

Jangan Lewatkan