oleh

Pondok Pesantren Al-Falah Banjarbaru Liburkan Siswa Yang Pulang Pergi Saja

BANJARBARU, koranbanjar.net – Serangan virus korona atau covid-19 yang kini sudah sampai di Indonesia, membuat Pemerintah mengeluarkan surat edaran agar bekerja dari rumah, sekolah dari rumah, jauhi tempat ramai dan jaga kesehatan agar terhindar dari virus tersebut.

Zona Kalimantan Selatan (Kalsel) memang masih dalam keadaan aman, namun beberapa pihak juga ada yang menerapkan pola yang diterapkan di beberapa Negara lain.

Mengingat imbauan dari Pemerintah Kota Banjarbaru, Pondok Pesantren Al-Falah juga meliburkan siswa-siswinya. Tetapi jangan salah, yang diliburkan hanya siswa maupun siswi yang pulang pergi dari rumah sendiri. Tidak bagi yang menetap di Pondok Pesantren tersebut.

Perihal itu dikatakan Pimpinan Pondok Pesantren Al-Falah H Syamsunie kepada tim koranbanjar.net di rumahnya, Sabtu (21/3/2020) sore kemarin.

“Memang diliburkan bagi yang PP (pulang pergi dari rumah saja), namun tidak untuk siswa yang dari jauh, misalnya dari Marabahan atau Jakarta, dia kan menetap di sini, jadi tidak perlu libur,” ujar Syamsunie.

Pihaknya juga mematuhi arahan dari Pemko Banjarbaru, yang mana tidak mengizinkan siswanya yang memondok (menetap) untuk pulang kampung hingga batas waktu yang ditentukan.

“Kami menerapkan itu, namun jika siswanya memang mau pulang juga, tidak masalah, tetapi tidak diperbolehkan lagi untuk datang ke sini (Pesantren Al Falah) untuk sementara waktu,” imbuhnya.

Saat ditanya apakah ada penyemprotan cairan desinfik dari Pemko, seperti yang telah dilakukan pihak Pemko di Balai Kotanya, Rumah Dinasnya dan Angkutan Pelajar/Pariwisata guna menetralisir, agar tidak terserang wabah covid-19 itu? Dirinya kembali menjelaskan, hingga sampai saat ini belum ada bantuan apapun dari Pemerintah Kota guna menangani mewabahnya covid-19 tersebut.

“Belum ada. Yang ada, dari tim kesehatan Al Falah sendiri, seperti menyediakan sabun cuci tangan dan membagikan masker,” bebernya.

Dikatakannya juga, untuk Shalat berjamaah, masih seperti biasa. “Adapun untuk Shalat Jumat, kemarin masih seperti biasa dilaksanakan di Masjid di luar Al Falah. Mungkin Jumat mendatang akan kita laksanakan di dalam saja (kawasan Al Falah),” kata Syamsunie.

saat ini, lanjut Syamsunie, pihaknya juga mengurangi kunjungan dari orang tua siswa. “Biasanya, ini penuh dengan keluarga siswa yang berkunjung,” ungkapnya sambil menunjuk ke arah jalan masuk Al Falah. (san/maf)

Komentar

Dari Rubrik Pilihan: