Polres Kotabaru Gelar Apel Pasukan Operasi Keselamatan Intan 2024

Sekretaris Daerah Kotabaru Said Akhmad (kiri) menghadiri apel pasukan Polres Kotabaru dalam rangka operasi keselamatan intan 2024, Sabtu (2/3/2024). (Foto: Kominfo Kotabaru/Koranbanjar.net)

Polres Kotabaru menggelar apel pasukan dalam rangka operasi keselamatan intan 2024 selama 14 hari, dimulai dari tanggal 4 sampai dengan 17 Maret 2024.

KOTABARU, koranbanjar.netKegiatan ini dihadiri langsung oleh Sekretaris Daerah Kotabaru Said Akhmad dan Forkopimda Kotabaru. Sedangkan yang bertindak sebagai Inspektur Upacara apel operasi keselamatan intan 2024 yaitu Kapolres Kotabaru AKBP Tri Suhartanto, berlangsung di halaman Mako Polres Kotabaru, Sabtu (2/3/2024).

Menurut Kapolres Kotabaru AKBP Tri Suhartanto, tujuan dari apel operasi keselamatan intan 2024 adalah untuk mengetahui sejauh mana kesiapan anggota guna meningkatkan disiplin masyarakat dalam berlalu lintas, yang pada akhirnya diharapkan dapat menurunkan angka pelanggaran dan kecelakaan hingga fatalitas korban laka lantas.

“Apel gelar pasukan ini dilaksanakan untuk mengetahui sejauh mana kesiapan personel maupun sarana pendukung lainnya, sehingga kegiatan operasi dapat berjalan dengan optimal dan dapat berhasil sesuai dengan tujuan, serta sasaran yang telah ditetapkan. Juga, ingin mewujudkan kondisi keselamatan dan kelancaran serta ketertiban berlalu lintas yang kondusif,” ucapnya.

Dikatakan AKBP Tri Suhartanto, dalam aksi di lapangan selama operasi keselamatan tahun ini, anggota Satlantas Polres Kotabaru lebih banyak tindakan dengan mengedepankan kegiatan preemtif dan preventif, melalui imbauan edukatif dan persuasif, giat patroli, serta penindakan pelanggaran lalu lintas menggunakan etlestatis dan mobile, serta blanko teguran.

“Pelaksanaannya melalui persuasif, preemtif dan preventif, yaitu dengan cara melakukan upaya-upaya seperti pemasangan spanduk, kemudian penyampaian ke sekolah terkait dengan keselamatan berlalu lintas, selanjutnya adalah tindakan berupa teguran maupun penilangan menggunakan etlestatis, dan di Kotabaru sendiri untuk etlestatis masih dalam proses pemasangan, tahun ini Insya Allah akan melakukan pemasangan di beberapa titik di wilayah Kotabaru,” tuturnya.

Kapolres Kotabaru juga menghimbau kepada masyarakat diharapkan kesadaran masyarakat dalam berlalu lintas, walau nanti kegiatan operasi ini telah selesai, agar selalu menaati rambu-rambu lalu lintas.

“Operasi kepolisian kewilayahan dengan sandi keselamatan 2024 kita harap meningkatkan kesadaran masyarakat terkait, keamanan, kelancaran, ketertiban berlalu lintas, dan walaupun pelaksanaannya selama 14 hari ini telah selesai, kesadarannya diharapkan terus meningkat, karena ini baru seremonial, bahwa kepolisian betul-betul intens dan betul-betul memfokuskan kepada masyarakat pengguna jalan, bagaimana caranya keamanan mereka terjamin, keselamatannya terjamin dan meminimalisir kecelakaan,” jelasnya.

Sementara itu, Sekretaris Daerah Kotabaru Said Akhmad dalam kegiatan tersebut mengungkapkan, melalui kegiatan ini diharapkan terjadinya penurunan angka kecelakaan lalu lintas dari pengguna jalan.

“Kegiatan ini dalam rangka pelaksanaan operasi keselamatan intan 2024 untuk mengedukasi masyarakat kita taat berlalu lintas, mudahan-mudahan dalam pelaksanaan ini ada penurunan dari laka lalu lintas pengguna jalan seperti yang diharapkan Kapolda Kalsel yang sambutannya dibacakan oleh Kapolres tadi,” katanya. (bay)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *