Polisi Tembak Riki Martin, Mau Kabur saat Tunjukkan Rumah Penadah Curanmor

  • Bagikan
Pelaku curanmor dan penadah saat diamankan pihak Polsek Banjarmasin Utara. (foto: yanda)
Pelaku curanmor dan penadah saat diamankan pihak Polsek Banjarmasin Utara. (foto: yanda)

Pelaku curanmor, Riki Martin sempat mau kabur dari pihak kepolisian saat menunjukkan rumah penadah. Tak pelak, seketika itu petugas kepolisian yang mengawal langsung melakukan tindakkan tegas terukur, dengan menembak kaki pelaku.

BANJARMASIN, koranbanjar.net – Seorang pria yang berprofesi sebagai buruh ini harus berurusan dengan aparat hukum, karena melakukan pencurian kendaraan bermotor.

Pria bernama Riki Firmansyah alias Riki Martin (22), warga Jalan Sungai Jingah Kampung Kenanga RT 07 Kelurahan Sungai Jingah Kecamatan Banjarmasin Utara ini dibekuk pihak buser Polsek Banjarmasin Utara.

Kapolsek Banjarmasin Utara, Kompol Agung Perdana Putera kepada koranbanjar.net, Rabu, (11/8/2021) menyampaikan lewat pres rillisnya tertanggal Selasa 10 Agustus 2021, Riki adalah pelaku pencurian kendaraan bermotor yang waktu itu melakukan aksinya di 2 tempat yang berbeda pada Rabu 04 Agustus 2021.

BACA:  Tari Radap Rahayu, Melihat Potensi Penerus Seni Klasik di SMPN 3 Martapura

“Lokasi pertama pelaku melakukan aksinya du Jalan Sungai Jingah yang berdekatan dengan tempat tinggal pelaku dan untuk lokasi yang kedua di kawasan Jalan Sultan Adam”,katanya.

Modus dari pencurian ini pelaku awalnya dengan memotong kabel dari motor, kemudian pelaku dengan mudah menghidupkan motor yang dicuri. “Pelaku mengaku, dia bisa melakukan hal tersebut karena belajar dari kakaknya yang bekerja di bengkel”,ungkapnya.

Pelaku melakukan aksinya sendirian, dijelaskan bahwa pelaku awalnya tidak langsung melakukan pencurian, melainkan dengan cara memantau situasi lokasi di mana pelaku beraksi dalam beberapa jam, pelaku sebelumnya mengincar motor warga yang di parkir tanpa kunci setang.

BACA:  Terkait Penetapan 4 Tersangka, GM Kodja Bahari; Kami Belum Dapat Konfirmasi Resmi dari Kejati

Saat ada motor warga yang di parkir di lokasi tersebut tanpa dikunci, pelaku hanya butuh waktu 10 menit untuk melancarkan aksinya mencuri motor tersebut.

Seperti yang dilakukan pelaku waktu melakukan aksinya di dua lokasi tidak kurang dari beberapa jam pelaku sudah membawa motor ke bengkel untuk dimodifikasi, “setelah pelaku melakukan aksinya pelaku sempat pergi ke beberapa tempat”,katanya.

Penangkapan pelaku dipimpim Kanit Reskrim Polsek Banjarmasin Utara, Senin 09 Agustus 2021 di wilayah Kota Banjarbaru, ketika pihaknya melakukan penagkapan terhadap pelaku yang waktu itu berusaha kabur saat menunjukan rumah penadah, hingga pelaku diberikan tidakan tegas terukur dengan dihadiahi timah panas yang bersarang di kakinya.

BACA:  2 Maling Bobol Gudang PT Zimret Mining, Genset Senilai Rp350 Juta Dicuri

Ketika berhasil diamankan, Kepolisin melakukan pemeriksaan kepada pelaku, kemudian melakukan pengembangan. “Saat kami meminta pelaku menunjukkan barang bukti yang sudah dijual pelaku kepada yang diduga penadah Fakhrurozzi (18), warga Jalan Semangat Bakti RT 06 Kecamatan Alalak, Kabupaten Barito Kuala, pelaku saat menunjukkan rumah penadah sempat berusaha kabur hingga akhirnya kami melakukan tindakan tegas terukur,” jelasnya.

Dari rumah Fakrurozzi, kepolisian menemukan dua unit barang bukti berupa motor milik korban.

“Pelaku mengatakan bahwa, dia mendapatkann uang Rp500 ribu yang digunakan untuk berfoya foya”, katanya.

Akibat tindakan itu, pelaku mendapat ancama hukuman 7 tahun penjara dan penadah 4 tahun penjara.(myr/sir)

 

(Visited 4 times, 1 visits today)
  • Bagikan
(Visited 4 times, 1 visits today)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *