Tak Berkategori  

Polda Kalsel Naik Status Menjadi Tipe A, ini Harapan Wakapolri

BANJARBARU, KORANBANJAR.NET – Kepolisian Daerah Kalimantan Selatan (Polda Kalsel) melaksanakan pengukuhan peningkatan statusnya dari tipe B ke tipe A yang dipimpin langsung oleh Wakil Kepala Polri, Komjen Polisi Drs. Syafruddin, M.Si.

Upacara pengukuhan peningkatan status Polda Kalsel ini dilaksanakan di Mako Brimob Banjarbaru pada hari Kamis (24/05) lalu.

Dalam amanatnya, Wakapolri mengapresiasi Polda Kalimantan Selatan atas peningkatan menjadi tipe A.

“Dalam peresmian peningkatan Polda Kalsel dari Tipe B ke Tipe A, saya mengapresiasi kepada Polda Kalimantan Selatan, dan juga beserta Pemerintah Daerah, Stakeholder, dan seluruh unsur masyarakat yang menjaga Babinkamtibmas,” ucapnya.

Kapolsa Kalsel, Brigjen Racmat Mulyana bersama Wakapolri, Komjen Polisi Syafruddin

Polda Kalimantan Selatan ini dinaikannya menjadi tipe A berkat kesesuaian dengan penduduk Kalsel yang cukup, karena penduduk Kalsel sudah hampir mencapai 4 Juta.

“Penduduk Kalsel yang cukup memadai daei sekitar 3 juta lebih hampir 4 juta, dan itu sudah memenuhi syarat. Tantangan keamanan yang menyangkut stabilitas keamanan juga menjadi perhitungan, sehingga dinaikan tipenya,” jelasnya.

Kemudian, lanjut Wakapolri, ditingkatkannya status Polda Kalsel juga dipengaruhi dengan batas wilayah, luas wilayah karena berada di selat Makassar.

“Kemudian dianggap sebagai sebuah poros, itu beberapa alasannya,” ucapnya

Peningkatan status Polda Kalimantan Selatan ini juga bertepatan di bulan suci Ramadan, yang menjadikan momentum ini berharga bagi Polda Kalimantan Selatan.

“Semoga momentum Ramadan dan momentum diangkatnya status Polda Kalsel menjadi Tipe A Polda Kalsel, menjadi barokah dan ketentraman masyarakat semua,” ujar Wakapolri.

Sejalan dengan kontek yang dinamis, dan cepatnya perubahan pada kehidupan, Wakpolri mengatakan, Polri harus menjaga dan seirama kepada masyarakat.

Wakapolri juga mengapresiasi kinerja Polda Kalsel yang sudah bekerja nyata memberikan inovasi berbasis online.

“Seperi pembuatan SKCK secara online di setiap Kabupaten atau Kota, dan integritas ditetapkan di beberapa Polres. Tingkatkan terus solid internal,” terangnya.(maf/ana)