oleh

Pohon Penghijauan Kota Tumbang, Tutupi Jalan M Yusi Kandangan

KANDANGAN, koranbanjar.net – Pohon penghijauan kota di Jalan M Yusi Kandangan Kabupaten Hulu Sungai Selatan, tumbang diterpa angin deras dan hujan.

Parahnya, pohon tumbang itu menutup badan jalan, Sabtu (11/1/2020) sore pukul 17.10 Wita.

Hujan ringan disertai angin kencang melanda bumi Antaluddin sejak sekitar pukul 16.30 wita.

Sebuah pohon penghijauan kota jenis trembesi, berdiameter sekitar 20 sentimeter dengan tinggi lebih dari 5 meter, patah tak kuat menahan kencangnya angin.

Tim dari PMK Miftahul Khair serta Satgas BPBD HSS segera datang ke lokasi, dan memotong patahan dahan yang menutup jalan.

“Kami mendapat informasi dari masyarakat, adanya pohon tumbang di Jalan M Yusi Kandangan, lalu segera kami ke lokasi untuk melakukan penanggulangan,” ucap Dayat, anggota PMK Miftahul Khair saat kejadian.

Diterangkan dia, tidak ada korban akibat kejadian. Tetapi, mengakibatkan jalan perlintasan provinsi sempat terganggu.

Selain itu, beberapa titik lain juga terjadi pohon tumbang, yakni pohon nangka di Desa Amawang Kiri, serta di Jalan Raya Daha Desa Gambah Dalam.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana, Kesatuan Bangsa dan Politik (BPB Kesbangpol) Efran, beberapa waktu lalu mengimbau masyarakat waspada, akibat cuaca buruk yang berpotensi terjadinya musibah, terutama angin kencang yang menyebabkan pohon tumbang.

“Kami mengimbau semua masyarakat untuk waspada, apabila ada pohon tua di sekitar lingkungan, dikhawatirkan tumbang dan menimbulkan bahaya,” pesannya. (yat/dya)

Komentar

Dari Rubrik Pilihan: