oleh

Pilkada di Kalsel bakal Dikawal Pasukan Khusus

Pasukan khusus bernama Detasemen Tangkal siap diturunkan untuk menjaga keamanan pemungutan suara pada Pilkada 2020 di Kalimantan Selatan. Mereka berasal dari 250 personel Brimob Polda Kalsel yang bermarkas di Banjarbaru.

BANJARMASIN, koranbanjar.net – Dansat Brimob Polda Kalsel, Kombes Pol Ronny Suseno mengatakan, detasemen tersebut dibentuk sebagai langkah preventif untuk mengantisipasi gangguan keamanan dan ketertiban (Kamtibmas) saat Pilkada.

“Untuk pembekalan kami datangkan instruktur dari Korbrimob. Hari ini sudah latihan pengamanan Pemilu di lapangan Brimob Polda Kalsel, di Banjarbaru,” ucapnya, Rabu (9/9/2020).

Nantinya, lanjut dia, satuan khusus tersebut tidak hanya diadakan di Kalsel. Mereka juga siap untuk ditugaskan di berbagai daerah mana saja jika diperlukan.


Baca juga: 8 Bacalon Positif Covid-19, Komisioner KPU; Peserta Pilkada harus Sehat


“Mereka memiliki kemampuan khusus, di antaranya kemampuan anti anarkis, anti huru-hura, pengamanan VIP, kemampuan menembak reaksi, serta kemampuan bela diri,” bebernya.


Baca juga: Jadwal Tahapan Pilkada 2020 Usai Pendaftaran


Pemungutan suara pada Pilkada 2020 serentak dilaksanakan pada 9 Desember mendatang. Selain pemilihan gubernur dan wakil gubernur, pemilihan kepala daerah juga dilaksanakan pada lima kabupaten dan dua kota di Kalsel. (iman/jr/yon)

Komentar

Dari Rubrik Pilihan: