Tak Berkategori  

Petugas Lapas Difasilitasi Sepeda untuk Patroli Keliling Lapas

BANJARBARU, KORANBANJAR.NET – Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas III Banjarbaru yang memiliki area yang luas yaitu sekitar 6 Ha yang terdiri dari 10 blok hunian, yang membutuh waktu dan tenaga lebih untuk petugas Lapas yang bertugas untuk mengontrol tahanan. Kini, para petugas Lapas sudah dilengkapi dengan 4 sepeda.

Oleh sebab itulah, Lapas Banjarbaru yang dihuni oleh 1600 warga binaan ini memberikan 4 buah sepeda kepada para petugasnya. Hal itu dimaksudkan untuk membuat patroli atau kontrol di blok-blok lebih efektif dan efesien waktu serta tenaga.

“Total ada empat buah (sepeda), ini ide dari Kalapas untuk memudahkan kontrol ke setiap blok yang jaraknya cukup jauh dan luas jika berjalan kaki seperti biasa,” terang Kasubsi Kamtib Lapas Banjarbaru, Fikri Rahmadian.

Sudah berlangsung beberapa bari, sepeda tersebut sudah resmi dioperasionalkan oleh petugas Lapas.

“Alhamdulillah disambut baik para petugas yang biasa bertugas kontrol,” tambahnya.

Pengadaan sepeda tersebut juga bermaksud untuk menjaga lingkungan lebih bersih, karena sepeda merupakan alat transportasi ramah lingkungan.

“Untuk kampanye lingkungan hidup juga, terus bersepeda juga bagian dari olahraga, jadi petugas bisa sehat kan,” tutupnya.(maf/ana)