Pesta Rakyat Warnai Harjad Kecamatan Daha Barat

KANDANGAN, KORANBANJAR.NET – Pemerintah Kecamatan Daha Barat menggelar pesta rakyat dan syukuran, Senin (07/01/2019) pukul 08.00 wita. Menyusul Hari Jadi ke 12 Kecamatan Daha Barat.

Kemeriahan acara dimulai dengan acara jalan santai yang diikuti warga Daha Barat. Setelah kedatangan Bupati Hulu Sungai Selatan barulah digelar acara seremonial dan makan bersama rakyat dan beberapa unsur pejabat.

Camat Daha Barat, Kusairi S.Sos, M.IP kepada wartawan Koranbanjar.net mengatakan, ini memang acara syukuran merayakan sekaligus pesta rakyat.

“Karena kalau peringatan ‘kan sudah lewat harinya, kecamatan kita berdiri sejak 02 Desember 2006,” ungkapnya.

Ia sangat bersyukur karena bupati sangat memperhatikan pembangunan di daerah ini. Dia berharap kegiatan seperti ini tetap berlanjut, karena masyarakat sangat menikmati perayaan dengan penuh kegembiraan.

Dalam sambutan dia juga menyampaikan terimakasih dan mendoakan kesehatan selalu dilimpahkan kepada bupati beserta jajaran.

“Sebelumnya daerah ini merupakan bagian dari Kecamatan Daha Selatan dan merupakan daerah terpencil. Karena kita tahu bersama, daerah ini tidak punya akses jalan yang menghubungkan ke pemerintahan pusat, hanya bisa dilewati dengan transportasi perairan,” ungkapnya.

Ia menambahkan, pemberian nama Daha Barat ini merupakan hasil musyawarah mufakat bersama yang dilaksanakan di kantor Kecamatan Daha Selatan pada Mei 2006 yang dihadiri oleh unsur pemerintahan kecamatan, tokoh masyarakat, anggota DPRD dan perwakilan serta warga Desa Bajayau.

“Pada rapat memang ada usulan memberi nama Kecamatan Bajayau, namun pendapat lain dan beberapa tokoh masyararakat menolak dengan alasan wilayah Bajayau ini merupakan wilayah Negara atau Daha yang tidak terpisahkan. Maka disepakati Daha Barat sebagai namanya, kata Daha merupakan sejarah panjang politik kerajaan masa lalu, sedangkan Barat menunjukkan kita di bagian Barat yang berbatasan lansung dengan Sawaja, Kabupaten Tapin,” paparnya.

Ia menambahkan kecamatan Daha Barat secara resmi berdiri berdasarkan Perda HSS nomor 13 tahun 2006 tentang pembentukan susunan organisasi dan tata kerja. (mj-025/sir)

Read Previous

Disperindag Banjar Sebut Naiknya Harga Bahan Pokok Masih Wajar

Read Next

POLSEK PULAU SEBUKU RINGKUS PENGEDAR SABU

Tinggalkan Balasan