Kalsel  

Peserta Rakornas Komisi Informasi Pelesiran ke Pasar Terapung Lok Baintan, Pesan Kadis Kominfo Kalsel Menggelitik

Peserta Rakornas ke-15 Komisi Informasi se-Indonesia menikmati berbagai jajanan Pasar Terapung Lok Baintan, Kabupaten Banjar, Rabu (11/6/2024. (Foto: Leon/Koranbanjar.net)

Usai melaksanakan kegiatan Rakornas ke-15 Komisi Informasi se-Indonesia di Hotel Galaxy Golden Tulip Banjarmasin, peserta diajak pelesiran susur sungai menuju Pasar Terapung Lok Baintan Kabupaten Banjar, Rabu (12/6/2024)

BANJARMASIN, koranbanjar.net Dalam suasana tersebut, tiba-tiba Kepala Dinas (Kadis) Komunikasi dan Informatika (Kominfo), Provinsi Kalimantan Selatan, Muhammad Muslim mengeluarkan kalimat cukup menggelitik.

“Pesan kami, uang sakunya jangan dibawa pulang, habiskan saja untuk berbelanja di sini,” ucap Muhammad Muslim sembari berkata meneruskan pesan dari Gubernur Sahbirin Noor yang tidak dapat berhadir karena ada kegiatan lain.

Kalimat tersebut dia lontarkan di sela sambutannya pada acara Festival Kalsel Terbuka yang disuguhkan untuk seluruh peserta Rakornas ke-15 Komisi Informasi se-Indonesia bertempat di Siring Menara Pandang Banjarmasin.

Bahkan dalam wawancaranya ia kembali menegaskan, jika uang saku dibawa pulang itu namanya pelanggaran kendati ucapannya dihiasi senyum canda.

Muslim menambahkan, dalam even ini para peserta Rakornas ke-15 Komisi Informasi se-Indonesia diperkenalkan berbagai kuliner khas Kalimantan Selatan juga ada permainan khas seperti Balogo dan Bakiak dalam.kontek mengakrabkan antara peserta rakornas luar daerah dengan Kalsel.

“Karena dua jenis permainan tradisional ini perlu diangkat kembali sekaligus permainan ini merupakan termasuk salah satu cabang olahraga karena banyak bergerak dan menimbulkan kebugaran disamping kita mendorong gerakan hidup sehat terus dijaga,” terangnya.

Dirinya berharap para peserta rakornas juga dapat berkunjung dan menikmati berbagai tempat wisata lainnya di bumi Lambung Mangkurat ini seperti Pegunungan Kiram Park, Riam Kanan, pusat jual beli batu permata, berlian di Martapura dan lainnya.

“Untuk fasilitas semua sudah kita siapkan, silahkan saja masih banyak tempat-tempat wisata yang berpotensi di Kalimantan Selatan,” sebutnya.

Sementara Wakil Ketua Komisi Informasi Pusat, Arya Sandhiyudha mengaku sangat terkesan dengan pelayanan yang diberikan oleh Diskominfo Kalsel dengan diperkenalkannya berbagai tempat wisata, permainan tradisional dan makanan khas Kalsel.

Menurutnya, Kalsel mempunyai banyak tempat istimewa sebagai wadah pertemuan budaya dan gaya hidup masyarakat. Terkhusus bagi peserta rakornas sangat bahagia karena dapat berhadir di Kalsel.

“Saya sendiri aja tadi beli baju sasirangan sampai lima lembar, ada kemeja, jas, jaket dan lainnya,” aku Arya.

Lalu terkait pelesiran ke Pasar Terapung Lok Baintan, Arya mengatakan pemandangan ini adalah bukti bahwa KI se-Indonesia dapat melihat bagaimana cara dan merawat ekonomi masyarakat di Kalsel terkhusus ekonomi pariwisata.

Lanjut dikatakannya, KI se-Indonesia dalam hal ini berhasil melahirkan satu pandangan bersama bahwa pemerintahan terbuka sebagai suatu bentuk gagasan keterbukaan informasi publik adalah solusi menuju Indonesia Emas 2045.

“Rasanya tidak mungkin peran Kalsel ditiadakan sebagai tuan rumah dan mengadakan pertemuan di tempat representatif juga sambutan dan dukungan baik dari Bapak Gubernur Kalimantan Selatan,” tuturnya.

Tampak terlihat kehebohan peserta Rakornas ke-15 Komisi Informasi se-Indonesia menikmati jajanan buah, kue dan pernak pernik khas Banua yang dijual oleh UMKM binaan Pemprov Kalsel.

Selain itu tak kalah meriahnya, peserta diberi kesempatan bermain olahraga Balogo dan Bakiak. Ada peserta dari Bali, Lampung, dan Yogyakarta, Kalimantan Timur serta peserta daerah lainnya tak mau ketinggalan ingin mencoba permainan yang terbuat dari batok kelapa tersebut.

Tampak pula peserta sembari menikmati hidangan makanan khas Kalsel seperti bubur ayam khas, kue serabi, bubur baayak, bubur rendang, nasi kuning dan sebagainya yang disuguhkan secara gratis.

Acara ditutup dengan berfoto bersama sambil menyanyikan lagu Rumah Kita milik grup rock legendaris Indonesia God Bless. (yon/bay)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *