Baznas

Pertamina Kalimantan Petakan 4 Zona Pembersihan Teluk Balikpapan

- Tak Berkategori
  • Bagikan

BALIKPAPAN, KORANBANJAR.NET – Pertamina terus berupaya membersihkan dan memulihkan ekosistem Teluk Balikpapan akibat kebakaran besar dan tumpahan minyak mentah.

Manager Communication dan CSR Pertamina Region Kalimantan Yudi Nugraha mengatakan, saat ini limbah minyak di Teluk Balikpapan sudah sekitar 90 persen dibersihkan.

“Kita sudah memetakan semua ada empat zona di beberapa kelurahan. Penanganan dan pemulihan lingkungannya terlepas siapa yang salah kita berusaha berupaya segera kembali normal,” ujar Yudi.

“Semua sudah kembali menuju normal ya, sudah ada ukuran kemarin ada 94 persen, 90 persen, ada yang 40 persen itu sebenarnya sampah-sampah domestik,” ujarnya.

Dia juga memastikan, di muara-muara teluk Balikpapan juga sudah bersih. Hanya saja tinggal, membersihkan limbah minyak yang masih menempel di mangrove.

“Yang nempel-nempel nanti ada pembersihan, nanti dimanual kan supaya mengurangi zat kimia. Kalau kita lihat jauh lebih bagus,” ujarnya.

Dia menambahkan, Pertamina memilki tim untuk mengukur tingkat kebersihan di Teluk Balikpapan.

“Jadi kami ada tim HSE dari dari korporasi dari berbagai unit mengecek langsung. Kemarin saya cek justru di muara lebih clear, saya cek langsung ke lapangan. Nanti bisa dilihatlah,” tandasnya.(sya/sir)

  • Bagikan