Religi  

Pertama, Haul Akbar Habib Soleh Bahasyim Dihadiri Ribuan Jamaah  

Haul Akbar ke- 5 Habib Soleh bin Muhammad bin Salim Bahasyim dihadiri sekitar dua ribu jamaah dari berbagai daerah.
Haul Akbar ke- 5 Habib Soleh bin Muhammad bin Salim Bahasyim dihadiri sekitar dua ribu jamaah dari berbagai daerah.

Pertama kali dilaksanakan Haul Akbar ke- 5 Habib Soleh bin Muhammad bin Salim Bahasyim dihadiri sekitar dua ribu jamaah dari berbagai daerah.

BANJARMASIN, koranbanjar.net – Acara digelar di makam Habib Soleh Bahasyim di Jalan Tembus Mantuil Kelurahan Basirih Selatan, Minggu (22/5/2022).

Habib Ali Bahasyim usai acara berlangsung mengatakan, jamaah yang hadir berasal dari wilayah Banjarmasin, Banjarbaru, Martapura dan daerah lainnya.

“Juga ada dari Lupak, Tamban, Anjir, Catur, Tabunganen, Palangkaraya bahkan Balikpapan,” sebut Habib Ali kepada koranbanjar.net didampingi Rahman salah satu panitia acara haul.

Adapun selain jamaah, juga berhadir tokoh masyarakat setempat, tokoh agama, para ulama dan habaib terutama Kerukunan Keluarga Bahasyim (KKB) Kalimantan Selatan.

“Untuk konsumsi kami siapkan empat ribu bungkus, yang datang sekitar dua ribu, karena mungkin ini baru pertama kali. Namun alhamdulillah acara berjalan lancar tidak ada hujan dan saat air mulai pasang acara selesai,” tuturnya.

Iring-iringan senoman hadrah.
Iring-iringan senoman hadrah.

Dirinya berharap haul Habib Soleh akan datang jamaah atau undangan semakin bertambah dan acaranya lebih meriah.

“Mudah-mudahan jamaah yang hadir pada hari ini mendapat keberkahan, dan apa yang dihajatkan dikabulkan Allah,” ucapnya ditambah amin.

Sebelum acara dimulai, haul dimeriahkan arak-arakan budaya banjar, Hadrah Senoman. Arak-arakan ini berjalan sepanjamg kurang lebih satu kilometer sampai menuju makam Habib Soleh Bahasyim.

Disaksikan koranbanjar.net, barisan hadrah sembari mengiringi langkah kaki anak cucu Habib Soleh yakni Habib Salim Bahasyim dam Habib Farid Fakhir Asseqaf.

Sesampai di makam, rombongan anak cucu Habib Soleh memberikan salam yang dipimpin Habib Salim Bahasyim atau yang dikenal Habib Salim Panggang didampingi anak Habib Soleh lainya, Habib Abdul Hadi Bahasyim.

Usai memberikan salam, dilanjutkan pembacaan syair Maulid Nabi disambung ceramah atau tausiyah dari cucu Habib Soleh, Habib Farid Fakhir Asseqaf dan Guru Iskandar  selanjutnya acara ditutup dengan tahil dan doa.(yon/sir)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.