Pertama di Kalsel, TPU Lintas Agama Berlokasi di Kota Banjarbaru

Pemerintah Kota Banjarbaru meluncurkan Taman Pemakaman Umum (TPU) Lintas Agama, di Guntung Harapan, Kelurahan Guntung Manggis, Kecamatan Landasan Ulin, Rabu (12/6/2024). (Sumber Foto: Ari/koranbanjar.net)

Diklaim pertama di Kalsel, Pemerintah Kota Banjarbaru meluncurkan Taman Pemakaman Umum (TPU) Lintas Agama, di Guntung Harapan, Kelurahan Guntung Manggis, Kecamatan Landasan Ulin, Rabu (12/6/2024).

BANJARBARU, koranbanjar.net – Peresmian secara langsung dilakukan oleh Wali Kota Banjarbaru Aditya Mufti Ariffin yang disaksikan perwakilan 6 tokoh agama yakni, Islam, Kristen Protestan, Kristen Katolik, Buddha, Hindu dan Konghucu serta masyarakat setempat.

TPU Lintas Agama ini memilik luas kurang lebih 3,7 hektare, dengan layanan yang diberikan secara gratis untuk 6 agama di Kota Banjarbaru, mulai dari pengangkutan menggunakan ambulans hingga proses pemakaman.

“Semua fasilitasnya digratiskan, tahap demi tahap untuk pemenuhan fasilitas akan kita lengkapi, seperti membangun gazebo, paving block untuk pejalan kaki,” terang Aditya.

Pemerintah Kota juga sudah menyiapkan Peraturan Daerah terkait TPU Lintas Agama ini. “Dengan hadirnya TPU Lintas Agama ini kita juga ingin menunjukkan bahwa Kota Banjarbaru yang heterogen, multi agama, multietnis kita bisa hidup rukun bersama,” katanya.

TPU Lintas Agama yang berada di Guntung Harapan Kelurahan Guntung Manggis ini diharapkan dapat mengatasi kebutuhan akan tempat pemakaman yang layak di Ibu Kota Provinsi Kalimantan Selatan.

“Pemerintah Kota Banjarbaru berkomitmen untuk terus menjaga nilai-nilai kebersamaan dan toleransi, yang merupakan fondasi penting dalam pembangunan Banjarbaru yang damai dan sejahtera,” pungkasnya. (maf/dya)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *