Personel Polres Balangan Bertekad Amankan Pemilu 2024

Polres Balangan turut menggelar Operasi Kepolisian Terpusat “Mantap Brata Intan 2023-2024,” ditandai dengan apel gelar pasukan hari ini, Selasa (17/10/2023) di halaman Mapolres Balangan. (Sumber Foto: vit/koranbanjar.net)

Memasuki tahapan Pemilu Tahun 2024, Polres Balangan turut menggelar Operasi Kepolisian Terpusat “Mantap Brata Intan 2023-2024,” ditandai dengan apel gelar pasukan hari ini, Selasa (17/10/2023) di halaman Mapolres Balangan.

BALANGAN, koranbanjar.net – Operasi ini dilaksanakan selama 222 hari sejak 19 Oktober 2023 sampai 20 Oktober 2024.

Tujuan tergelarnya operasi ini guna memelihara stabilitas keamanan jelang dan pasca Pemilu tahun 2024 dengan mengedepankan kegiatan preemtif dan preventif serta penegakan hukum.

Kapolres Balangan AKBP Riza Muttaqin yang memimpin jalannya apel gelar pasukan di Mapolres Balangan menekankan kepada seluruh peserta apel maupun personel yang terlibat dalam operasi Mantap Brata, ke depankan komunikasi publik dan upaya cooling system.

Agar masyarakat berpartisipasi penuh dalam mendukung penyelenggaraan Pemilu 2024 dan terhindar dari polarisasi.

“Tingkatkan komunikasi publik, sinergisitas dan soliditas antar seluruh personel pengamanan maupun stakeholder terkait, karena hal tersebut adalah kunci utama keberhasilan operasi,” tegas AKBP Riza Muttaqin.

Selain itu juga banyak potensi gangguan saat penyelenggaraan Pemilu yang perlu diperhatikan seperti, adanya manipulasi data pada pemdaftaran peserta Pemilu.

Kemudian, petugas KPPS yang sakit atau meninggal saat pelaksanaan, surat suara yang rusak atau hilang, terjadi kecurangan rekapitulasi yang salah dan hal hal lainnya.

Langkah-langkah yang dilakukan menangani potensi tersebut, dengan melakukan deteksi dini melalui pengumpulan bahan keterangan atau informasi.

Juga, bimbingan penyuluhan kepada masyarakat, pengamanan dan penjagaan kepada para calon, penindakan pada perbuatan yang mengganggu, penegakan hukum.

“Itu apabila terdapat pidana umum atau siber dalam tahapan Pemilu, monitoring, sosialisasi, edukasi dan counter opini berita negatif dan bantuan dukungan personel, logistik, sarana maupun prasarana,” katanya.

Pemilu 2024 memiliki kompleksitas tersendiri karena dilaksanakan secara serentak dengan rentang waktu yang berdekatan, wilayah yang luas, geografis yang beragam, serta melibatkan jumlah pemilih yang besar.

Operasi Mantap Brata 2023-2024 tentunya diiringi dengan penguatan strategi komunikasi publik untuk memberikan sosialisasi dan edukasi kepada masyarakat.

Hal tersebut dilakukan agar masyarakat senantiasa menjaga persatuan dan kesatuan bangsa, ikut berpartisipasi dalam menjaga stabilitas kamtibmas pada Pemilu 2024.

“Serta, masyarakat mengetahui berbagai upaya pengamanan yang telah kita lakukan,” pungkasnya. (vit/dya)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *