Permasalahan Transportasi Terus Meningkat, Dishub Kalsel Lakukan Pemilihan Abdi Yasa

oleh -647 views
Permasalahan Transportasi Terus Meningkat, Dishub Kalsel Lakukan Pemilihan Abdi Yasa
Dinas Perhubungan Kalsel menggelar pemilihan Abdi Yasa. (foto: agus/koranbanjar.net)

BANJARMASIN, koranbanjar.net – Dinas Perhubungan Kalsel mengadakan Pemilihan Abdi Yasa Teladan Tingkat Provinsi tahun 2019 di Hotel Nasa Banjarmasin, Senin (29/7/19).

Kepala Dinas Perhubungan Kalsel Rusdiansyah mengatakan, pembagunan di Kalsel tidak dapat diabaikan begitu saja, karena jalur transportasi darat khususnya bidang lalu lintas dan angkutan jalan merupakan komponen terpenting dari sub sektor perhubungan darat.

Rumah di jual di Martapura

Jasa Interior di Kalimantan Selatan

“Permasalahan di bidang transportasi jalan semakin meningkat, seperti pelayanan angkutan umum yang masih belum sesuai harapan, tingginya fatalitas pada kejadian di jalan, khususnya yang melibatkan angkutan umum yang berakibat kerugian yang tidak sedikit,” ucap Rusdianyah.

Maka dari itu, kompetensi pengemudi memerlukan penanganan, khusus meningkatkan kualitas pelayanan dan keselamatan lalu lintas angkutan jalan.

Ia menjelaskan, salah satu upaya yang dilakukan Dishub Kalsel, dengan mengadakan kegiatan pemilihan Abdi Yasa Teladan yang dahulu lebih dikenal dengan Awak Angkutan Umum Teladan (AKUT).

Itu menurutnya merupakan upaya bersama yang harus dilakukan pihak pemerintah provinsi, pemerintah kabupaten/kota, maupun pemerintah pusat, operator bus dan pengemudi itu sendiri untuk meningkatkan keselamatan di jalan dan memberikan pelayanan terbaik kepada para pengguna jasa.

“Kegiatan ini untuk lebih meningkatkan kesadaran di kalangan pengemudi agar mereka mematuhi peraturan lalu lintas, dan menanamkan perilaku yang baik sebagai pengguna jalan sehingga mengurangi resiko kecelakaan,” ujarnya.

Sementara itu, Kasi Angkutan Orang Dalam Trayek dan Terminal Kalsel Faried Gazali mengatakan, untuk membangun sikap dan perilaku serta mewujudkan budaya keamanan dan keselamatan lalu lintas dan angkutan jalan, sebagai perwujudan dari undang-undang nomor tahun 22 tahun 2009 tentang lalu lintas dan angkutan jalan .

“Tujuan untuk merubah pola pikir dan sudut pandang tentang diri dan profesinya sebagai awak kendaraan umum sehingga mendorong dirinya untuk lebih percaya diri dan merasa dihargai, dengan demikian dapat meningkatkan kesadaran akan pentingnya keselamatan diri, penumpang dan pemakai jalan lainnya,” ungkapnya.

Selain itu juga untuk mendorong terwujudnya penurunan jumlah pelanggaran lalu lintas, kejadian kecelakaan dan tingkat fatalitas akibat kecelakaan terutama yang disebabkan oleh faktor pengemudi.

“Untuk mewujudkan peran serta masyarakat dalam memberikan penilaian yang positif terhadap perilaku atau unjuk kerja awak kendaraan umum,”terangnya.

Kegiatan pemilihan Abdi Yasa Teladan tingkat provinsi tahun 2019 itu, diikuti 18 orang peserta yang berasal dari pemenang terbaik pada kegiatan yang saka pada tingkat kabupaten/kota. (ags/dra).

Jasa Karangan Bunga di Kalimantan Selatan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *