Banjar  

Perkuat Sinergi Pembangunan, Dinas PUPRP Kabupaten Banjar Gelar Trilateral Kecamatan

Kegiatan Trilateral, dalam rangka memperkuat sinergi upaya pembangunan di Kabupaten Banjar, Senin (26/2/2024). (Foto: Dinas PUPRP Banjar/Koranbanjar.net)
Kegiatan Trilateral, dalam rangka memperkuat sinergi upaya pembangunan di Kabupaten Banjar, Senin (26/2/2024). (Foto: Dinas PUPRP Banjar/Koranbanjar.net)

Dinas Pekerjaan Umum, Penataan Ruang, dan Pertanahan (PUPRP) Kabupaten Banjar melaksanakan kegiatan Trilateral dalam rangka memperkuat sinergi upaya pembangunan di Kabupaten Banjar.

BANJAR, koranbanjar.net Kegiatan dihadiri Plh Kepala Dinas PUPRP Banjar Gusti Abu Bakar, para Camat, perwakilan Bappedalitbang Banjar, serta perwakilan dari bidang Sumber Daya Air, Binamarga, dan Ciptakarya, di Aula Dinas PUPRP Banjar, Martapura, Senin (26/2/2024).

Gusti Abu Bakar mengatakan untuk meningkatkan koordinasi antara pemerintah kecamatan, dinas terkait, dan Badan Perencanaan Pembangunan Daerah melaksanakan Sinergi antara Kecamatan dan Dinas PUPRP.

“Upaya untuk menemukan titik temu antara kebutuhan lokal dengan kebijakan dan program yang telah disusun oleh dinas menjadi fokus utama. Dalam konteks anggaran yang terbatas, pentingnya penggunaan sumber daya secara efisien menjadi topik yang dibahas,” ucapnya.

Dikatakannya, koordinasi yang baik diharapkan dapat mengurangi tumpang tindih proyek, memaksimalkan hasil pembangunan, dan menghindari pemborosan dana, termasuk dalam pengelolaan sumber daya air dan pembangunan infrastruktur oleh bidang Binamarga dan Ciptakarya.

“Perencanaan jangka menengah menjadi kunci untuk memastikan kelangsungan pembangunan yang berkesinambungan. Dalam acara ini, langkah-langkah konkret untuk menyusun RPJM yang terintegrasi antara kecamatan dan dinas, termasuk bidang Sumber Daya Air, Binamarga, dan Ciptakarya, dipertimbangkan secara serius,” tuturnya.

Menurut Abu Bakar, selain fokus pada pembangunan fisik, pentingnya melibatkan masyarakat dalam proses pengambilan keputusan dan pelaksanaan proyek juga menjadi sorotan. Partisipasi aktif dari berbagai stakeholder diharapkan dapat meningkatkan kualitas pembangunan serta memperkuat rasa memiliki terhadap hasil-hasil pembangunan.

“Dalam suasana yang penuh kolaborasi, terbuka ruang untuk mengusulkan dan mengimplementasikan inovasi-inovasi baru dalam pembangunan. Dengan memanfaatkan teknologi dan ide-ide kreatif, diharapkan proses pembangunan dapat lebih efektif dan efisien, termasuk dalam bidang pengelolaan sumber daya air dan pembangunan infrastruktur,” imbuhnya.

Pada kegiatan ini juga dilaksanakan penandatanganan bersama berita acara oleh para pihak terkait, menandakan komitmen mereka terhadap kerja sama lintas sektor dalam pembangunan daerah.

Para peserta sepakat untuk menjaga momentum yang telah tercipta dan terus berinovasi demi kemajuan yang lebih baik bagi masyarakat Kabupaten tersebut. Dengan semangat kerja sama yang kuat, diharapkan visi pembangunan berkelanjutan dapat terwujud dengan lebih baik di masa mendatang. (bay)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *