Kalsel  

Peringati Haul ke 217 Datu Kalampayan di Masjid Sabilal Muhtadin Banjarmasin

Haul ke-217 Syekh Muhammad Arsyad Al-Banjari (Datu Kalampayan) di Masjid Sabilal Muhtadin Banjarmasin, Sabtu (29/4/2023) malam. (Sumber Foto: Sdpim Setdaprov Kalsel/koranbanjar.net)

Peringatan Haul ke-217 Syekh Muhammad Arsyad Al-Banjari (Datu Kalampayan) juga dilaksanakan di Masjid Sabilal Muhtadin Banjarmasin, Sabtu (29/4/2023) malam.

BANJARMASIN, koranbanjar.net – Peringatan haul ke 217 Datu Kalampayan hendaknya menjadi momentum untuk terus menguatkan jalinan silaturrahmi dan Ukhuwah Islamiah kaum muslimin.

Harapannya dapat meningkatkan keimanan dan ketakwaaan kepada Allah SWT serta kecintaan terhadap para alim ulama, pewaris para nabi.

Hal tersebut disampaikan Gubernur Kalimantan Selatan (Kalsel), H. Sahbirin Noor atau Paman Birin dalam sambutan tertulisnya  dibacakan Sekretaris Daerah Provinsi Kalimantaan Selatan, Roy Rizali Anwar saat menghadiri peringatan Haul ke 217 Datu Kalampayan.

Paman Birin mengatakan, Syekh Muhammad Arsyad Al-Banjari atau Datu Kalampayan merupakan salah satu ulama besar dari Banua yang telah banyak memberi kebaikan dan wariskan.

Salah satu di antaranya adalah kitab Sabilal Muhtadin merupakan karya yang luar biasa dan menjadi rujukan bagi kajian-kajian keislaman.

“Warisan selanjutnya, yang tidak ternilai harganya, adalah banyaknya lahir alim ulama, yang merupakan keturunan beliau yang tersebar diberbagai daerah, tidak hanya di banua kita, tetapi juga diberbagai daerah di bumi nusantara, bahkan hingga mancanegara,” katanya.

Paman Birin menuturkan, sebelumnya beberapa waktu lalu, bersama-sama memperingati puncak haul ke-217 Syekh Muhammad Arsyad Al-Banjari di Masjid Jami Tuhfaturroghibin di Desa Dalam Pagar Ulu dan terlihat antusias masyarakat sangat luar biasa yang datang sejak pagi hari.

“Untuk itu, bagi kita yang belum sempat berhadir di sana, Insya Allah, kehadiran kita di malam ini, maupun pelaksanaan haul di tempat lainnya, juga memiliki nilai dan semangat yang sama, untuk terus mencintai dan meneladani para alim ulama kita, termasuk padatuan kita, Datu Kalampayan,” ungkapnya.

Gubernur juga berharap, dengan terus mengingat dan mengenang para alim ulama banua ini dengan diperingati haul-haulnya memberikan kebaikan dan keberkahan bagi banua.

“Mari kita sama-sama berdo’a, untuk kebaikan, keselamatan, kemajuan, dan keberkahan banua kita, serta kesejahteraan dan kebahagiaan bagi masyarakatnya,” pungkasnya.

Sementara itu, Ketua Badan Pengelola Masjid Raya Sabilal Muhtadin, KH Darul Qutni dalam laporannya menyampaikan terimakasih kepada jamaah yang turut hadir dalam peringatan haul ke-217 Syekh Muhammad Arsyad Al-Banjari.

“Semoga ini menjadi keberkahan yang sangat luar biasa bagi Banua dan kita semua,” ucapnya, perihal menghadiri haul ke 217 Datu Kalampayan. (adpim/dya)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *