Peringati Harkopnas, Bupati Batola Resmikan Rumah UMKM

Bupati Batola Noor Miliyani memotong pita peresmian rumah UMKM. (foto: agus/koranbanjat.net)

ALALAK, koranbanjar.net – Bupati Barito Kuala (Batola) Hj Noor Miliyani AS, meresmikan Rumah Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Terminal Handil Bhakti, Kecamatan Alalak, Batola, Jumat (12/7/19).

Peresmian Rumah UMKM ini sekaligus Peringatan Hari Koperasi Nasional (Harkopnas) ke-72 tahun 2019.

Bupati Batola menjelaskan, adanya rumah UMKM tersebut guna memberdayakan dan mengenalkan produk lokal untuk kesejahteraan para pelaku usaha. Selain itu juga untuk memanfaatkan bangunan yang tidak digunakan.

“Mengapa didirikan UMKM terlebih ialah memanfaatkan bangunan yang sudah tidak bermanfaat, dan mudah-mudahan beberapa bangunan milik provinsi juga dapat kami manfaatkan ke depannya,” ujarnya.

Twrkait imbauan MUI agar tiap produk makanan harus ada label halal, ia menegaskan Pemerintah Batola akan lebih memperhatikan.

“Jadi yang akan lebih diperhatikan ialah dari kemasan. Manti akan ada untuk pelaku usaha pelatihan bukan hanya managerialnya, packagingnya, dan mengolahnya. Kebetulan di Batola juga punya BLK, jadi bisa kerjasama misalnya pembuatan roti dan marketingnya seperti apa itu bisa ditindaklanjuti, bersinergi aja lah,” ujarnya.

Lebih lanjut ia berharap dengan adanya UMKM tersebut maka masyarakat yang dari luar daerah membelinya di UMKM Batola.

“Seandainya ada event di luar daerah membelinya di sini saja, kan ada anggaran untuk pameran di sana. Membeli di sini kan nanti dipasarkan di event-event itu, jadinya di sini bergulir selalu berganti diperkenalkan lagi, itu salah satu cara untuk memasarkan,” pungkasnya. (ags/dra)

BeritaTerkait

BACA JUGA

No Content Available