Kombes Pol. Dr. Faizal Ramdhani, S.Sos,. S.I.K,. MH

Peremajaan Kelapa Sawit di Kotabaru, Ganti yang Sudah Tua hingga Bibit Unggul

  • Bagikan
Bupati Kotabaru, Sayed Jafar beserta Forkopimda saat menghadiri PKSP di Desa Sukamaju, Kotabaru, Kalsel. (Sumber foto: Diskominfo Kotabaru)

Peremajaan Kelapa Sawit Perkebunan (PKSP) dalam rangka mengganti tanaman sawit yang sudah tua, diberikan kepada Kelompok Tani Sumber Rezeki Desa Sukamaju, Kecamatan Sampanahan, Kotabaru, Kalimantan Selatan, Selasa (13/7/2021) kemarin.

KOTABARU, koranbanjar.net – Bupati Kotabaru, Sayed Jafar mengatakan, program pemerintah ini untuk mengganti tanaman sawit yang sudah tua atau replanting dengan mengganti bibit sawit yang unggul.

“Program replanting yang saat ini tengah dilaksanakan, bertujuan meningkatkan produktivitas tanaman kelapa sawit yang sebelumnya sudah menurun hasil buahnya,” ujar Sayed.

Program ini berpengaruh pada pendapatan petani di masa mendatang, sehingga dalam setiap bulannya dibutuhkan strategi yang tepat agar stabilitas pendapatan petani sawit selama program berlangsung tetap terjaga.

‚ÄúSemoga peningkatan produksi kelapa sawit dapat menjadi andalan sektor perkebunan, yang mampu mendongkrak pertumbuhan perekonomian daerah,” harapnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pertanian Kotabatu, Hairuddin menjelaskan, program ini untuk mengganti bibit sawit masyarakat yang tidak jelas kualitas mutunya.

“Alhamdulillah, Kelompok Tani Kotabaru mendapatkan bantuan bibit sawit untuk lahan sekitar seribu hektare. Bantuan ini diharapkan bisa untuk meningkatkan hasil produksi kelapa sawit,” ucapnya.

Pada kesempatan itu, Bupati Kotabaru juga memberikan bantuan Herbisida kepada Kelompok Sumber Rejeki. Selain itu, bantuan hibah kepada Pondok Pesantren Ibnu Syarif Al Amin sebesar Rp 200 juta dan Masjid Baiturrahim sebesar Rp 50 juta.

Adapun, Madrasah Diniyah Darul Ma’rifah sebesar Rp 75 juta, Masjid An-Nur sebesar Rp 250 juta, Musala Darul Ma’rifah sebesar Rp 300 juta. Program lanjut usia (lansia) sebesar Rp 2,4 juta dan program disibilitas sebesar Rp 2,4 juta. (cah/ykw)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *