Perdana! Aren Genjah Ditanam di HSS

oleh -150 views
Bupati HSS, Achmad Fikry (dua dari kanan) saat menanam pohon aren genjah, di Desa Jambu Hulu Kecamatan Padang Batung, Kabupaten HSS. (Sumber foto: Nuha/koranbanjar.net)

Pohon aren genjah ditanam, pada perkebunan milik Kelompok Tani (poktan) Harapan Tani di Desa Jambu Hulu, Kecamatan Padang Batung, Kabupaten HSS, Selasa (1/12/2020).

HULUSUNGAISELATAN, koranbanjar.net – Sebelumnya, aren genjah mulai dikembangkan sejak tahun 2018 kepada beberapa poktan di Kalimantan Timur (Kaltim). Sehingga, dilakukan percobaan menanam secara perdana di Kalimantan Selatan (Kalsel).

Rumah di jual di Martapura

Jasa Interior di Kalimantan Selatan

“Dikembangkan di Sangatta, Kaltim. Karena prospek aren genjah cukup bagus. Selain bisa diolah menjadi gula merah, juga sebagai minuman,” ujar Kadis Pertanian Kabupaten HSS, Muhammad Noor.

Kata dia, tanaman ini dapat dipanen mulai umur tujuh sampai delapan tahun. Perkiraan, menghasilkan sebanyak 20 liter cair nira (cairan manis dari pohon aren) perhari.

Bantuan perkebunan yang diberi merupakan upaya pemerintah, untuk mendukung petani berinvestasi jangka panjang. Adapun, mendorong dan meningkatkan kesejahteraan petani.

Pemerintah Kabupaten juga membantu dalam permodalan melalui perbankan dalam bentuk kredit usaha rakyat (KUR).

“Kita sudah sepakat dengan pihak perbankan, memberi kemudahan bagi petani. Seperti memfasilitasi (modal) para petani dalam memproses kredit usaha rakyat (KUR),” jelas Bupati HSS, Achmad Fikry.

Ia mengatakan, pemerintah akan mencari pasar penjualan petani pasca panen. “Jangan hanya bisa menghasilkan (panen). Namun, pangsa pasar hasil panen harus jelas,” lanjutnya.

Diharapkan, Dinas Pertanian terus berinovasi mengembangkan kearifan lokal petani di HSS. (MJ-030/YKW)

Jasa Karangan Bunga di Kalimantan Selatan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *