Penyediaan Data untuk Perencanaan Pembangunan Daerah Masih Bermasalah

oleh -82 views
Penyediaan Data untuk Perencanaan Pembangunan Daerah Masih Bermasalah
Pelatihan Pengelolaan Data dan Statistik Sektoral. (foto: MC-Banjar)

MARTAPURA, KORANBANJAR.NET – Kepala Dinas Kominfo Statistik dan Persandian Kabupaten Banjar, H M Farid Soufian mengatakan penyediaan data untuk perencanaan pembangunan daerah masih menghadapi berbagai masalah. Itu disampaikannya pada Pelatihan Pengelolaan Data dan Statistik Sektoral.

Pelatihan tersebut digelar Dinas Kominfo Statistik dan Persandian Kabupaten Banjar di Aula Cakrawala Dinas Kominfo Statistik dan Persandian Kabupaten Banjar, Martapura, Rabu (27/3/2019), guna tingkatkan kapasitas aparat Desa dan Kelurahan.

“Di antara permasalan tersebut yaitu pada data yang tersebar di instansi sektoral, kualitas data belum terjamin, ada kesenjangan data antara yang dibutuhkan dengan yang tersedia dan perubahan alur data sektoral sejak berlakunya otonomi daerah, sehingga mengakibatkan data sektoral di tingkat Provinsi dan Nasional tidak lagi tersedia secara lengkap,” katannya.

Berdasarkan permasalahan tersebut, lanjut Soufian, desa dan RT diharapkan dapat mencari solusi yang optimal untuk memenuhi kebutuhan data yang lebih berkualitas dan valid, yang dimanfaatkan sebagai bahan dalam perencanaan pembangunan daerah untuk menuju Kabupaten Banjar Sejahtera dan Barokah.

”Pelatihan yang diselenggarakan merupakan pelatihan pengelolaan data sektoral, yang meliputi data keseharian masyarakat, seperti peternakan, perkebunan yang lebih mengarah kepada potensi kelurahan desa mereka,” jelasnya lagi.

Bukan data dasar seperti dari BPS, tambah Soufian, melainkan melalui pelatihan ini kita berharap desa atau kelurahan memiliki data yang valid dan konkret pada potensi daerahnya masing-masing, untuk lebih ditumbuh kembangkan dengan SKPD terkait sebagai bahan dalam perencanaan pengembangan potensi desa dan kelurahannya.

“Pelatihan pengolahan data adalah terciptanya jembatan antara penyedia data dengan pengguna data untuk mendiskusikan segi substansi, metodologi, konsep dan penjelasan teknis yang digunakan oleh masing masing Instansi atau SKPD,” kata Soufian.

Pada Pelatihan tersebut dihadiri Kepala Dinas Kominfo Statistik dan Persandian Kabupaten Banjar, H M. Farid Soufian, Kabid Statistik dan Persandian Dinas Kominfo Statistik dan Persandian Kabupaten Banjar, Ahmad Yunani, Kabid Informasi Komunikasi Publik, Eddy Elminsyah Jaya.

Sementara yang menjadi Narasumber Kepala Seksi Statistik Badan Pusat Statistik Kabupaten Banjar, Firman Jati Putera dan Koordinator Statistik Kecamatan Badan Pusat Statistik Kabupaten Banjar, Agung Dewi Permatasari serta dihadiri RT, Kelurahan dan Desa di Kecamatan Martapura. (dra)

Jasa Karangan Bunga di Kalimantan Selatan