oleh

Penyebab Karhutla Di Kampung Pengayuan Banjarbaru Diselidiki Polisi

BANJARBARU, koranbanjar.net – Penyebab kebakaran hutan dan lahan (karhutla) yang terjadi di wilayah Kampung Pengayuan, Kelurahan Landasan Ulin, Banjarbaru, kemarin, masuk dalam penyelidikan kepolisian setempat.

“Kejadian ini (karhutla) masih dalam tahap lidik. Kami masih mengumpulkan keterangan saksi-saksi dari warga setempat dan bukti lain. Siapa tahu memang ada pelakunya,” ujar Kapolsek Banjarbaru Barat Kompol H Syaiful Bob saat dihubungi koranbanjar.net melalui whatsapp, Rabu (11/9/2019) siang.

Dia menyebut ada 100 hektar lahan di Kampung Pengayuan yang terbakar. “Kebakaran tersebut sepertinya terjadi bukan karena sengaja dibakar. Sebab, lahannya ditumbuhi rerumputan ilalang dan pohon galam,” katanya.

Menurutnya, cuaca panas juga sangat berpengaruh menimbulkan titik api. “Hati-hati membuang puntung rokok, karena bisa mudah menyala seperti di rumput,” ungkapnya.

Ia menekankan kepada masyarakat jangan sekali-kali membakar lahan atau hutan. Terlebih dalam kondisi cuaca panas seperti saat ini.

Baca Juga: Tala Penyumbang Asap Terbanyak Tahun Ini

Baca Juga: Karhutla Jadi Sorotan DPRD Banjarbaru

Karhutla di Kampung Pengayuan kemarin sempat menghanguskan satu unit motor milik warga setempat. Beruntung api tidak sampai menjalar ke rumah penduduk setempat. (ykw/dny)

Komentar

Berita Terkini