Tak Berkategori  

PENTING! Beginilah 3 Opsi Pergerakan Lalu-lintas saat Ustaz Abdul Somad ke Martapura

MARTAPURA, KORANBANJAR.NET – Tak dipungkiri, kedatangan Ustaz Abdul Somad (UAS) ke Martapura, Minggu (9/12) malam di Masjid Agung Al Karomah, menyedot animo masyarakat untuk mendengar langsung tausiyah ulama sejuta followers tersebut.

Tak ayal, ketika UAS bertausiyah selalu dibanjiri puluhan ribu jamaah. Guna kelancaran arus lalu-lintas, Dinas Perhubungan Kabupaten Banjar bakal melakukan pengalihan jalur lalu-lintas selama acara berlangsung untuk menghindari kemacetan parah.

Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Banjar, H M Aidil Basith, memperkirakan jamaah yang datang tak hanya dari wilayah Kabupaten Banjar, tetapi juga dari luar Kabupaten Banjar seperti Kabupaten Tapin, Kota Banjarbaru dan Banjarmasin.

Sedangkan kendaraan dari Banjarmasin menuju Hulu Sungai, lanjutnya, akan dialihkan di Batuah menuju Jalan P. Abdurrahman, lalu ke Jalan Pasar Papan dan kembali masuk ke Jalan Ahmad Yani menuju Hulu Sungai. “Opsi ketiga, kendaraan dari arah Banjarmasin tetap dialihkan lewat Jalan Batuah menuju Jalan P. Abdurrahman. Lalu,  Jalan Pasar Papan keluar lewat Ahmad Yani menuju Hulu Sungai,” jelasnya lagi. Sementara kendaraan dari arah Hulu Sungai akan dialihkan di Tambak Baru menuju Jalan Melati menuju Jalan Sekumpul Ujung, kemudian menuju Jalan Sekumpul Raya ke Jalan PM. Noor Banjarbaru yang keluar di Simpang Empat Banjarbaru menuju Banjarmasin.

Bekerjasama dengan Polres Banjar, pihak Dishub Banjar berupaya mengatur lalu lintas agar tetap lancar.

“Jalur rekayasa akan kami bagi dalam tiga opsi pergerakan lalu lintas. Pertama kondisi arus lalu-lintas pada Jalan Ahmad Yani akan diberlakukan dua arah seperti biasanya, sedangkan opsi kedua kendaraan dari arah Hulu Sungai menuju Banjarmasin, akan dialihkan ke Pasar Papan menuju Jalan Pangeran  Abdurrahman lalu ke Jalan Menteri 4, Jalan PPS lalu kembali ke Jalan Ahmad Yani menuju Banjarmasin,” ujarnya.

Sedangkan kendaraan dari Banjarmasin menuju Hulu Sungai, lanjutnya, akan dialihkan di Batuah menuju Jalan P. Abdurrahman, lalu ke Jalan Pasar Papan dan kembali masuk ke Jalan Ahmad Yani menuju Hulu Sungai.

“Opsi ketiga, kendaraan dari arah Banjarmasin tetap dialihkan lewat Jalan Batuah menuju Jalan P. Abdurrahman. Lalu,  Jalan Pasar Papan keluar lewat Ahmad Yani menuju Hulu Sungai,” jelasnya lagi.

Sementara kendaraan dari arah Hulu Sungai akan dialihkan di Tambak Baru menuju Jalan Melati menuju Jalan Sekumpul Ujung, kemudian menuju Jalan Sekumpul Raya ke Jalan PM. Noor Banjarbaru yang keluar di Simpang Empat Banjarbaru menuju Banjarmasin.

PENTING! Beginilah 3 Opsi pergerakan lalu lintas saat Ustaz Abdul Somad ke Martapura
Rekaya lalu lintas saat tablig akbar bersama Ustaz Abdul Somad di Masjid Al Karomah Martapura. (foto: dishub banjar)

Dikatakannya, guna mengatasi pergerakan kendaraan angkutan berat atau besar yang tidak memungkinkan lewat jalur alternatif tersebut, nantinya akan ada pembatasan pada kendaraan tersebut agar tidak melalui Jalan Ahmad Yani, Martapura mulai Pukul 12.00 Wita sampai pukul 24.00 Wita.

“Tidak memungkinkan juga kendaraan berat melalui Jalan Ahmad Yani, yang pasti akan dipenuhi para jamaah,” tandasnya.

Untuk itu ia menyarankan bagi kendaraan berat, sementara stop di Jalan Trikora Banjarbaru. (dra)