Peningkatan SDM Pertanian di Kotim

  • Bagikan
di Balai Penyuluhan Pertanian (BPP), Pelangsian, Kecamatan Mentawa Baru Ketapang, Kabupaten Kotawaringin Timur, Kamis (25/2/2021). (Sumber foto: SMK PP Banjarbaru)

Peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM) bidang Pertanian, dilakukan dengan menggelar bimbingan teknis (bimtek), di Balai Penyuluhan Pertanian (BPP), Pelangsian, Kecamatan Mentawa Baru Ketapang, Kabupaten Kotawaringin Timur, Kamis (25/2/2021).

SAMPIT, koranbanjar.net – Bimtek ini merupakan upaya dari Kementan dan Komisi IV DPR-RI. Dalam meningkatkan kapasitas bagi Petani dan Penyuluh, sebagai agen perubahan peradaban pertanian. Serta, peningkatan produktivitas pertanian.

Pertama, materi yang diberikan tentang ternak unggul oleh Isti Damayanti, dari Balai Pembibitan Ternak Unggul (BPTU) Pelaihari Kalsel.

Kedua, aplikasi penggunaan pestisida kimia oleh Astri Anto, dari Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) Kalteng.

Ketiga, Integrasi Sapi Sawit Strategi Peningkatan Pendapatan Petani, oleh Umming Sente dari Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) Kalteng.

Terakhir, Optimalisasi Pemanfaatan dan Teknik Pembuatan Pupuk Organik oleh Rudi Herlambang, dari Dinas Pertanian Kabupaten Kotawaringin Timur.

“Pertanian yang maju, mandiri dan modern berarti kita bicara SDM. Maka perlu ada penguatan kapasitas SDM pertanian kita,” jelas Mentan, Syahrul Yasin Limpo.

Kepala BPPSDMP, Dedi Nursyamsi menegaskan, agen terbesar dalam peningkatan produktivitas adalah sumber daya manusia (SDM).

“Berbicara peningkatan produktivitas, berarti peningkatan SDM. Difokuskan, memperkuat Kostratani dalam mendorong produktivitas pertanian,” paparnya.

Sebanyak 45 peserta hadir dalam acara tersebut. Terdiri dari Penyuluh, Petani, Petani Milenial, Poktan, dan Gapoktan. (SMK PP Banjarbaru/ykw)

NEWS STORY
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *