Kombes Pol. Dr. Faizal Ramdhani, S.Sos,. S.I.K,. MH

Peningkatan Kualitas Keluarga di Balangan, DP3A Kalsel Koordinasi TPK2D Balangan

  • Bagikan

Peningkatan kualitas keluarga di Balangan, Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP3A) Provinsi Kalimantan Selatan adakan rapat koordinasi Tim Peningkatan Kualitas Keluarga Daerah (TPK2D) di Kabupaten Balangan, di aula Inspektorat, Kamis (1/7/2021).

BALANGAN,koranbanjar.net – Peningkatan kualitas keluarga adalah program pusat yang dilaksanakan secara berjenjang sampai ke kabupaten.

Tujuannya untuk meningkatkan pemberdayaan masyarakat yang ada di desa.

Plt Kepala DP3A Kabupaten Balangan, Noor Aspariah mengatakan, tahun ini dipilih Desa Tarangan Kecamatan Paringin Selatan, yang menjadi locus peningkatan kualitas keluarga.

“Baik perempuan sebagai kepala keluarga atau kepala keluarga itu sendiri, diharapkan dengan adanya kegiatan hari ini, dapat menyamakan persepsi antar tim, untuk bersama-sama dalam meningkatkan kualitas keluarga di Tarangan,” ucapnya.

Noor Aspariah menyampaikan, salah satu syarat dipilihanya desa Tarangan ini, karena Desa Tarangan salah satu desa tertinggal di Kabupaten Balangan.

Kabid Peningkatan Kualitas Hidup Perempuan dan Keluarga DP3A Kalsel, Titik Haryanti memaparkan, terdapat lima point yang terjabar dalam 24 indikator untuk meningkat kualitas keluarga.

Diantaranya legalitas struktur, ketahanan fisik, ketahanan ekonomi, ketahanan psikologi, ketahanan sosial budaya.

Hal ini menyangkut kehidupan sehari-hari masyarakat, baik terpenuhinya legalitas struktur, seperti mempunyai KTP, akta lahir, aktar nikah dan dokumen lainnya.

Selanjutnya pemenuhan kesehatan dan pendidikan, apa saja penghasilan masyarakat, serta adanya kegiatan rutin yang dilakukan masyarakat.

Selanjutnya, Wakil Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Balangan, Megawati Supiani yang turut berhadir dan membuka rapat kordinasi.

Megawati Supiani berharap dengan adanya sinergi antara DP3A Provinsi Kalsel dan DP3A kabupaten Balangan, dapat mewujudkan peningkatan kualitas keluarga di Kabupaten Balangan, khususnya di Desa Tarangan.

“Lomba ini prestasi yang dicapai Kabupaten Balangan, dengan bersinergi disemua bidang, baik itu masyarakatnya maupun keluarga,” tutupnya. (kominfobalangan/dya)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *