oleh

Pemprov Kalsel Siapkan 1500 Hektar Lahan Untuk Tanam Porang

BANJARBARU, koranbanjar.net – Kurang lebih 1500 hektar lahan di Kalimantan Selatan (Kalsel), telah disiapkan oleh ASPI dan petani untuk tanaman tumbuhan porang. Karena Bumi Lambung Mangkurat, dinilai berpotensi menjadi lumbung porang nasional.

Gubernur Kalsel Sahbirin Noor, dalam sambutan yang dibacakan Staf Ahli Bidang Ekonomi dan Pembangunan Faried Fakhmansyah mengaku siap melakukan upaya inovasi dan kreasi.

“Daerah kami siap, terkait budidaya porang untuk mendukung ekspor nasional. Adanya lahan, untuk umbi porang guna mewujudkan budidaya dan semoga Kalsel bisa menjadi penghasil porang terbesar di Indonesia,” ujarnya, Rabu (11/3/2020), di Kiram Park.

Menurutnya, Pemprov Kalsel berkomitmen dalam mendukung investasi dan bisnis porang. Agar lebih kondusif, dan diminati investor baik lokal maupun mancanegara. Selain itu, agar petani dapat merasakan manfaat dari budidaya porang.

Ketua Aliansi Porang Indonesia (ASPI) Kalsel Hari Purnama membeberkan, dirinya optimis terhadap keyakinannya kepada Kalsel untuk budidaya porang menjadi bisnis yang menjanjikan.

“Kalsel, bisa menjadi lumbung porang di Indonesia. Contoh, saya hanya menanam 1,5 hektar saja tetapi ternyata yang tumbuh semua porang di lahan saya seluas 83 hektar,” ucapnya.

Hal serupa dirasakan rekannya. Artinya, prospek kalsel sebagai lumbung porang di Indonesia sangat besar.

Pabrik di Jawa Timur, PT Asia Prima Konjac asal Madiun dikatakan Hari, merupakan pemain utama ekspor porang di Indonesia dan siap mendukung ASPI dalam rangka ekspor. (ykw/maf)

Komentar

Dari Rubrik Pilihan: