Kalimantan Timur

Pemohon e-KTP Balikpapan 400 Orang per Hari

BALIKPAPAN, KORANBANJAR.NET – Hingga tiga pekan setelah lebaran, jumlah pendatang dari luar daerah yang ingin mengadu nasibnya di Kota Balikpapan tampaknya tidak seperti tahun-tahun sebelumnya.

Sekretaris Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kota Balikpapan, Hesbullah Helmi mengatakan, belum terlihat adanya lonjakkan pendatang. Namun dia memprediksi kemungkinan Agustus depan.

“Pasca lebaran Jumlah pendatang memang tidak signifikan. Termasuk tahun ini, paska lebaran sampai saat ini pendatang belum kelihatan. Tapi jumlah fixnya bisa diketahui Agustus bulan depan,” ujar Helmi

“Tertinggi di Januari bisa capai 2.100 pendatang di 2017 tahun lalu. Januari tahun ini hanya 1.800,”  katanya.

Sementara terkait banyaknya warga yang terlihat melakukan perekaman e-KTP, Helmi mengatakan, bukan warga pendatang. Namun warga Kota Balikpapan yang memang baru mengurusi KTP baru.

BACA JUGA  Sosialisasi Pajak Lewat Khotbah, MUI Balikpapan akan Diskusikan dengan Ulama

“Jadi mereka yang baru lulus sekolah SMA atau sudah usia 17 tahun, langsung melakukan perekaman e-KTP. Jadi banyaknya pelayanan ini tidak ada hubungannya dengan pendatang,” ujarnya.

“Sebenarnya masih lebih banyak yang melakukan perekaman ini seminggu sebelum Pilgub dari sekarang. Waktu jumlah kunjungan capai 600-700 orang setiap hari. Sekarang sekira 400 orang saja setiap harinya,”

Dia menambahkan, saat ini jumlah warga Kota Balikpapan yang telah mengurus atau memiliki e-KTP mencapai 94 persen dari sekitar 430 ribu jiwa warga yang telah wajib KTP.

“Alhamdulillah blanko e-KTP sekarang enggak kurang lagi. Stok saat ini ada 3.000 blanko dan kami baru dapat dari Provinsi Kaltim,” ujarnya.(sya/sir)

BACA JUGA  Sekali Uji Laboratorium Sample Pencemaran Lebih Dari Rp 10 Juta
Menampilkan lebih banyak

Radio STAR FM
The Spirit of Banjarbaru. Hanya di 90.5 FM

Info Bisnis Kalimantan
Berita seputar bisnis dan ekonomi di Kalimantan terkini.

TandaPetik.Com - Media Komunitas
Gabung sekarang juga. Tuliskan ide, opini dan pengalamanmu.

IKLAN BARIS ONLINE MURAH
Hub. 081348024288 | 0821159171296
KORANBANJAR.NET

Baca Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close