Pemkab HSS Gelar Upacara Peringatan 75 Tahun Pertempuran Palagan Nagara

Upacara peringatan perang kemerdekaan 2 Januari 1949 atau Pertempuran Palagan Nagara, di Halaman Pasar Hamayung, Kecamatan Daha Utara, Selasa (2/1/2024) pagi. (Foto: Kominfo HSS/Koranbanjar.net)
Upacara peringatan perang kemerdekaan 2 Januari 1949 atau Pertempuran Palagan Nagara, di Halaman Pasar Hamayung, Kecamatan Daha Utara, Selasa (2/1/2024) pagi. (Foto: Kominfo HSS/Koranbanjar.net)

Pemerintah Kabupaten Hulu Sungai Selatan menggelar upacara peringatan perang kemerdekaan 2 Januari 1949 atau Pertempuran Palagan Nagara, di Halaman Pasar Hamayung, Kecamatan Daha Utara, Selasa (2/1/2024) pagi.

HULU SUNGAI SELATAN, koranbanjar.net Pelaksana Harian (Plh) Bupati HSS Muhammad Noor, menjadi inspektur upacara.

Upacara diwarnai penampilan teater kolosal oleh pelajar SMA 1 Daha Utara, sebagai kilas balik semangat para pejuang Nagara melawan kolonialisme Belanda.

Plh Bupati HSS Muhammad Noor berharap, upacara peringatan perang kemerdekaan 2 Januari 1949 dapat menjadi renungan dan penghayatan arti sebuah perjuangan dan pengorbanan.

Sehingga, menjadi inspirasi untuk turut berperan aktif dalam pembangunan sesuai dengan peran, fungsi dan kewenangan masing-masing.

“Jadikan para pendahulu dan para tokoh pejuang sebagai inspirasi dan contoh, guna bersama-sama saling bahu-membahu membangun Kabupaten HSS yang lebih baik lagi,” imbau Muhammad Noor.

Plh Bupati menuturkan, peringatan ke-75 tahun perang kemerdekaan 2 Januari 1949 hendaknya dapat membangun kesadaran bersama, bahwa persatuan dan kesatuan merupakan modal utama untuk melangsungkan kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara, sejak dahulu sampai dengan masa sekarang.

Menurutnya, berbagai perbedaan yang ada di masyarakat adalah suatu dinamika yang perlu dihormati bersama, dengan tetap menempatkan rasa persatuan dan kesatuan di atas segalanya.

Setelah upacara, Plh Bupati HSS menyerahkan bantuan kepada para pejuang veteran atau keluarga veteran. Kemudian menziarahi Tugu 2 Januari di samping lokasi upacara.

Upacara tersebut turut dihadiri unsur Forkopimda, Anggota DPRD, dan Ketua DHC 45 HSS Syamsuri Arsyad. (dvh/rth)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *