Baznas

Pemkab Berikan “Lampu Hijau” Anggaran Pembangunan dan Pemberdayaan untuk Kelurahan

  • Bagikan

MARTAPURA, koranbanjar.net – Pemerintah Kabupaten Banjar Gelar Rapat Koordinasi (Rakor) Lurah se-Kabupaten Banjar Tahun 2018, Selasa (06/03)  pagi, di Kelurahan Sekumpul Martapura.

Rapat koordinasi Lurah  dihadiri 14 Lurah se Kabupaten Banjar  ada 2 agenda yang akan dibahas, tentang aset Pemerintah Kabupaten Banjar yang ada di setiap wilayah kelurahan dan membahas persiapan Haul Guru Sekumpul.

“Ada dua agenda yang akan kita bahas hari ini, dan juga saya akan menyampaikan harapan dan keinginan para Lurah. Setiap kelurahan diberikan anggaran yang dapat membangun dan memberdayakan masyarakat yang sesuai dengan kewenangan, dan ini tentunya berdasarkan kebijakan dan kemampuan keuangan pemerintah daerah,” ujar Asisten 1 Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat, Drs. Zainuddin.

Menanggapi harapan dan keinginan tersebut, Bupati Banjar Khalillurahman yang turut berhadir menyampaikan, nanti dibicarakan bersama Bappelitbangda, sesuai dengan aturan dan disesuaikan dengan anggaran yang ada.

“Untuk permintaan para Lurah, yang ingin mendapatkan anggaran seperti desa-desa, nanti kita akan bahas dulu bersama dinas terkait, dan menyesuaikan dengan anggaran yang ada,” ujarnya.

Bupati Banjar Khalillurahman dalam sambutan juga menyampaikan,  rapat koordinasi (Rakor) ini tidak hanya membahas aset pemerintah daerah, tetapi juga persiapan Haul Akbar Guru Gekumpul.

Rakor juga bertujuan mengevaluasi kinerja para Lurah dan mensosialisakan program strategis pemerintah daerah, serta meningkatkan koordinasi sesama aparatur sipil negara dalam melayani masyarakat.

“Dengan rapat seperti ini akan bisa meningkatkan inovasi dan profesionalisme para Camat maupun Lurah tentang implementasi kebijakan dan juga aturan yang berlaku,” ungkapnya

Pria yang akrab disapa Guru Khalil ini juga menambahkan, salah satu pembahasan yang penting dalam rakor terkait dengan dengan pengamanan dan pengelolaan aset milik daerah yang sesuai dengan UU No 23 tahun 2014 tentang salah satu tugas dari Camat maupun Lurah, yakni pemeliharaan sarana dan prasarana pelayanan umum di wilayahnya.

Oleh karena itu, menurut dia, Camat maupun Lurah mempunyai peran strategis untuk menjaga aset daerah.

Acara juga dihadiri Wakil Bupati Banjar Saidi Mansyur, Asisten 1 Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat, Kepala SKPD dan 14 Lurah se Kabupaten Banjar.(sai/kie)

 

  • Bagikan