Kombes Pol. Dr. Faizal Ramdhani, S.Sos,. S.I.K,. MH

Pemekaran Kotabaru, Kabupaten Tanah Kambatang Lima Begulir, Hadirkan Ketua DPRD Kotabaru

  • Bagikan
Webinar pemekaran Kabupaten Kotabaru.
Webinar pemekaran Kabupaten Kotabaru.

Tim percepatan pemekaran Daerah Otonomi Baru (DOB) Tanah Kambatang Lima telah menggagas webinar tentang pemekaran Kabuupaten Kotabaru dengan menghadirkan Ketua DPRD Kotabaru Syairi Mukhlis,  Sabtu (23/10/2021) malam.

KOTABARU, koranbanjar.net- Webinar mengangkat topik Peran Mahasiswa Dalam Upaya Percepatan Mewujudkan DOB Tanah Kambatang Lima. Juga hadir Ketua LLDikti XI Wilayah Kalimantan ketua serta wakil ketua tim percepatan DOB.

Diskusi secara daring tersebut mengundang mahasiswa dari 12 kecamatan 106 desa di daratan kalimantan, juga diiikuti Ketua DPRD Kotabaru Syairi Mukhlis.

Ketua Tim Perceparan DOB, Rabbiansyah mengatakan, webinar dengan para mahasiswa bertujuan memberikan pemahaman, terkait rencana pemekaran Kabupaten Kotabaru ke calon kabupaten baru yaitu, Kabupaten Tanah Kambatang Lima.

“Mahasiswa dan mahasiswi mengikuti webinar, mereka sekarang masih menempuh pendidikan di Kotabaru, Tanah Grogot, Banjarmasin, Banjarbaru, Makasar, Semarang, Jakarta, Tangerang, Malang, dan kota-kota lainnya,”ucap Rabbiansyah, Minggu (24/10/2021).

Sambung dia, dalam pertemuan yang menggunakan zoom meeting, tim memaparkan syarat-syarat pembentukan secara administrasi yang tertuang dalam PP 78 tahun 2007, di dalamnya meliputi keputusan DPRD, Bupati, DPRD Provinsi, Gubernur serta rekomendasi Menteri.

“Sedangkan syarat teknis meliputi kemampuan ekonomi, potensi daerah, sosial budaya, sosial politik, kependudukan, luas daerah, tingkat kesejahtetaan dan lain-lain,” paparnya.

Sedangkan untuk syarat fisik sambung dia, cakupan wilayah, lokasi calon ibu kota, serta sarana dan prasarana pemerintahan. Ini bertujuan agar mahasiswa mendapatkan pemahaman dan dukungan penuh dalam setiap pergerakan, upaya percepatan DOB Tanah Kambatang Lima.

“Diskusi ini berlangsung sekitar tiga jam, dan disambut baik mahasiswa yang mendukung terwujudnya pemekaran di Kotabaru daratan dari 12 kecamatan terdiri dari 109 desa,” pungkas Robi yang merupakan anggota DPRD Kotabaru.(cah/sir)

 

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *