Pembuatan Lubang Tanam, Berkah Dimusim Penghujan

oleh -163 views
PROSES - pembuatan lubang tanam di kawasan Miniatur Hutan Hujan Tropis (foto : humas)

BANJARBARU,KORANBANJAR.NET – Di musim penghujan ini merupakan momen yang tepat untuk segera menanam bibit tanaman. Persiapan awal dilakukan sebelum menanam selain persiapan bibit yang baik adalah persiapan pembuatan lubang tanam di kawasan Miniatur Hutan Hujan Tropis (MH2T), Kamis (03/01/2019).

Hal yang kelihatannya sepele memang, namun kesalahan kecil dalam pembuatan lubang tanam akan sangat berpengaruh terhadap kualitas pertumbuhan tanaman nantinya. Antara lain pertumbuhan tanaman lambat karena mal nutrisi ataupun tanaman rentan terhadap serangan hama penyakit. Karena itu, lubang tanam harus dipersiapkan dengan baik, sebaik kita mempersiapkan bibit sebelum menanam.

Manajemen lubang tanam dimulai dengan memodifikasi ruang tumbuh akar pada awal pertumbuhan tanaman dengan menyediakan ruang tumbuh ideal, khususnya bagi pertumbuhan akar. Bibit yang akan ditanam yaitu tanaman Ulin memerlukan penanganan ekstra, sehingga lubang tanam dipersiapkan berukuran 100 x 100 x 50 cm secara mekanis dengan alat berat eksavator.

Dengan menyediakan ruang tumbuh yang ideal, akar tanaman Ulin nantinya akan tumbuh optimal untuk mendukung pertumbuhan. Manifestasi kualitas pertumbuhan akar yang baik tercermin pada pertumbuhan tanaman menjadi sehat dan kuat. (dishutprovkalsel)

Jasa Karangan Bunga di Kalimantan Selatan