Baznas

Pembersihan Kali Mati Belum Tepat Sasaran

  • Bagikan

MARTAPURA – Berkaitan dengan aksi Hari Peduli Sampah Nasional di Kelurahan Murung Keraton Kecamatan Martapura, berupa kerja bhakti pembersihan Kali Mati, akan ditindaklanjuti pihak Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Banjar. Karena aksi kemaren dirasa belum maksimal.

Kepala Bidang Pengelolaan Sampah Taman dan Limbah dari Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Banjar, Riza Rusli melalui Kasi Penanganan dan Pengangkutan Sampah Hj. Erni Hastati, SKM. MM  menyatakan, pihaknya akan menindaklanjuti kegiatan aksi Hari Peduli Sampah Nasional di Kelurahan Murung Keraton kemarin, tepatnya di Kali Mati.

“Kegiatan kemarin akan tindaklanjuti lagi dan lebih fokus, kareana kemarin dirasa kurang tepat sasaran, dan kita akan mengundang beberapa instansi terkait, ” ujarnya.

Karena kurangnya sarana dan prasarana, hal ini juga dirasa menjadi sebab kurang maksimalnya aksi kemarin, ditambah saat itu ada beberapa area yang tidak terpantau dengan jelas.

Rencananya Senin mendatang, Dinas LIngkungan Hidup akan mengadakan rapat lagi dengan instansi terkait, yakni Dinas PUPR, Dinas BPBD, Dinas SATPOL PP, Dinas UPT Damkar, Dinas Tagana, Camat Martapura Kota, Kelurahan Murung Keraton.

Alasan digalakkannya kegiatan bersih-bersih ini, harapannya masyarakat bisa sadar tentang kebersihan sungai Kali Mati. Lebih-lebih Sekda Banjar memberikan arahan untuk diadakan penghijauan.

Persoalan lain, imbuhnya, kurangnya masukan dari pihak Kelurahan Murung Keraton untuk menelusuri asal mula penyebab masalah sampah di Kali Mati tersebut.

“Setelah kita telusuri sampai ke ujung sungai, ternyata banyak kita dapati sampah sebagai penyumbat sungai Kali Mati,” tuturnya.(zdn/sen)

  • Bagikan