Batola  

Pembekalan Uji Sertifikasi, Dinas PUPR Batola Antisipasi Kegagalan Konstruksi

Pembekalan dan uji sertifikasi tenaga kerja konstruksi yang dilakukan di RTH Marabahan (16/09/2021). (Foto:Faqih)
Pembekalan dan uji sertifikasi tenaga kerja konstruksi yang dilakukan di RTH Marabahan (16/09/2021). (Foto:Faqih)

Dinas PUPR Kabupaten Batola bersama Balai Jasa Konstruksi Wilayah V Banjarmasin menggelar pembekalan dan uji sertifikasi tenaga kerja konstruksi di Kota Marabahan, Batola, Kamis (16/09/2021).

BATOLA, koranbanjar.net – Pembekalan uj sertifikasi ini dimaksudkan untuk mengantisipasi terjadinya kecelakaan kerja maupun kegagalan konstruksi. Peserta yang mengikuti berjumlah 42 orang, terutama pekerja yang bekerja di proyek pemerintahan.

Undang-Undang Nomor 2 tahun 2017 tentang Jasa Konstruksi, pasal 70 ayat 1 menyebutkan setiap tenaga kerja konstruksi yang bekerja di bidang Jasa Konstruksi wajib memiliki Sertifikat Kompetensi Kerja.

“Pekerja yang kompeten diharapkan mampu mendukung tercapainya mutu konstruksi dan meminimalisasi terjadinya kecelakaan kerja maupun kegagalan bangunan. Maksud dari kegiatan Pembekalan dan Uji / Sertifikasi Tenaga Kerja Konstruksi ini adalah membekali peserta dengan pengetahuan dan keterampilan untuk bekal di tempat kerja,” ujar Sekretaris PUPR Ahmad Saprani ST kepada koranbanjar.net, Jumat, (17/09/2021) .

Ahmad Saprani juga menambahkan, setelah mengikuti kegiatan ini peserta diharapkan mendapat sertifikat SKT. SKT adalah pengakuan secara nasional tentang keterampilan yang dimiliki.

“Kami sangat mendukung penuh kegiatan pembekalan ini dan akan terus berupaya melakukan peningkatan SDM yang unggul menjadi salah satu program prioritas pemerintah untuk meningkatkan daya saing nasional,” tutupnya.(mj-39/sir)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *