Baznas

Pembangunan yang Berkelanjutan Butuh Peran Swasta

  • Bagikan

BANJAR – Berkaitan dengan kerangka pembangunan berkelanjutan atau Sustainable Development Goals (SDGs), Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Banjar menggandeng pihak swasta. Hal tersebut dibahas dalam sebuah rapat koordinasi dan Pemaparan Tentang Pentingnya Kehadiran Swasta dalam Pembangunan Daerah di Marketing Gallery Sky Pavilion, Kecamatan Gambut, Rabu (31/1) lalu.

Bupati Banjar H Khalilurrahman yang disampaikan Asisten II Setda Banjar I Gusti Nyoman Yudiana mengatakan, Pemerintah Kabupaten Banjar sangat mengapresiasi dilaksanakannya rapat koordinasi dan pemaparan tentang pentingnya kehadiran swasta dalam pembangunan paerah, dengan prinsip pembangunan berkelanjutan atau MDGs untuk meningkatkan kualitas lingkungan yang lebih baik dan menjadikan masyarakat yang maju dan sejahtera.

“Semua pihak tentunya harus menjalin koordinasi dan kolaborasi yang sinergis, terutama antara pemerintah daerah dan pihak swasta, dengan mengedepankan asas kebersaman dan saling menguntungkan, agar bisa mewujudkan pemerintahan yang berkelanjutan,” ucapanya.

Asisten II Setda Banjar I Gusti Nyoman Yudiana juga menegaskan, rapat koordinasi dan pemaparan tentang pentingnya kehadiran swasta dalam pembangunan daerah dalam kerangka SDGs membutuhkan peran semua pihak dari berbagai kalangan, tidak terkecuali peran swasta.

Sementara Kepala Dinas Lingkungan Hidup Banjar Boyke W Triestiyanto mengatakan, partisipasi swasta salah satu faktor penting yang mendukung pembangunan daerah melalui kemitraan atau partnerships in development dan menjaring serta menjaga jejaring komunikasi yang efektif. Rapat koordinasi melibatkan sektor dunia usaha dan swasta, SKPD terkait, dan dewan pakar dari akademis yaitu Prof Dr Maryunani dari Universitas Brawijaya dan Prof Dr Ir Syarifuddi.(humas banjar/adv)

  • Bagikan