oleh

Peluang Petahana Lawan Kotak Kosong Semakin Besar

BANJARMASIN, koranbanjar.net- Peluang bagi Sahbirin Noor untuk melawan kotak kosong, tampaknya terbuka lebar.

Hal itu dinilai oleh pengamat politik DR Samahuddin, yang memprediksi pula apabila calon Gubernur di Kalimantan Selatan hanya dua kandidat.  Yakni, antara Mantan Wakil Menteri Hukum dan HAM Deny Indrayana, dan petahana H Sahbirin Noor, maka mutlak kemenangan bagi incumbent.

“Melihat dua pasang calon antara Deny Indrayana dan Sahbirin Noor, dilihat kemenangan mutlak bagi Sahbirin Noor pertama karena dari variabel modal sosialisasi yang kurang dimiliki oleh lawannya,” katanya saat ditemui di salah satu acara di Banjarmasin, Sabtu (7/12/2019).

Bahkan, dirinya menilai yang dimiliki Deny Indrayana terhadap masyarakat Kalsel itu tidak terlihat sama sekali.

“Modal misalnya, memang benar dia tokoh nasional tapi dia menjadi tokoh nasional itu apa sumbangsihnya dia terhadap Kalsel, kemudian modal sosial juga kebakaran di Pulau Sebuku ada atau tidak, ngga usah Deny Indrayana saja, caleg bisa dihitung jari, yang datang ke Kotabaru,” tuturnya.

Artinya kepekaan sosial tersebut tidak terlihat dari sosok Deny Indrayana.

“Kemudian tiba-tiba saja muncul mengatakan siap untuk melawan petahana. Jadi masyarakat itu akan melihat juga, plus minusnya petahana. Saya kira itu yang harus dimiliki penantang,” terangnya.

Lanjutnya, menanggapi terkait pencalonan Deny Indrayana melawan petahana melalui parpol dinilai harus pandai membaca situasi.

“Deny itu untuk maju kans harusnya hanya di independen. Mestinya kalau mau maju dan ingin didukung parpol di Kalsel sebagai calon itu harus sudah membaca secara politik bagaimana suasana kondisi parpol di Kalsel,” bebernya.

Ia berkeyakinan, kalaupun salah satu partai ada mengusung, jika dia tidak mendaftar diri maka tidak akan ada partai yang mengusung.

“Banyak variabel parpol, karena selama ini Deny tidak pernah track record terkait kepedulian sosial, karena parpol itu akan menjadi jualan apabila dia pandai bersosialisasi. Memang betul dia pernah menjadi wakil menteri tapi kepedulian sosial dia itu apa, saya rasa terkait lawan Sahbirin melawan kotak kosong sangat besar peluangnya,” pungkasnya. (ags/dya)

Komentar

Jangan Lewatkan