BNN

Peduli Bencana Banjir Kalteng, Pemkab Banjar Kirim Bantuan dan Relawan

  • Bagikan
Bupati Banjar Saidi Mansyur dan Wakil Bupati, Sayid Idrus Al Habsyi saat melepas rombongan bantuan kemanusian dan relawan untuk banjir Kalteng, Jumat (10/9/2021). Foto: Dewi/KBnet
Bupati Banjar Saidi Mansyur dan Wakil Bupati, Sayid Idrus Al Habsyi saat melepas rombongan bantuan kemanusian dan relawan untuk banjir Kalteng, Jumat (10/9/2021). Foto: Dewi/KBnet

Banjir besar yang melanda Kalimantan Tengah di tiga Kabupaten kian memburuk. Sebanyak 8.355 rumah warga tiga kabupaten di Provinsi Kalimantan Tengah terdampak banjir. Banjir di tiga kabupaten ini, yaitu Kabupaten Kotawaringin Barat, Seruyan dan Katingan. Laporan BNPB mencatat adanya pengungsian ke tempat yang lebih aman di Kabupaten Katingan.

MARTAPURA, Koranbanjar.net – Berdasarkan data BNPB, banjir tersebut berdampak pada 9.640 KK atau 13.781 jiwa, serta pengungsian warga ke tempat yang lebih aman. BNPB masih terus melakukan pemutakhiran data terdampak dan warga yang masih mengungsi. Data sementara warga yang masih mengungsi di dua titik berjumlah 23 KK atau 66 jiwa.

Tak ingin tinggal diam akan nasib dan derita warga Kalimantan tengah yang sedang dirundung musibah, Pemerintah Kabupaten Banjar melakukan aksi peduli kemanusiaan dengan mengirimkan bantuan dan relawan.

BACA:  Dugaan Menguat, Orang Misterius Mulai Bakar Pasar Taibah Dengan Menyulut Terpal

Aksi peduli ini dilepas oleh Bupati Banjar Saidi Mansyur bersama dengan Wakil Bupati Sayid Idrus Al Habsyi, didampingi kepala BPBD Kabupaten Banjar, Kepala Dinas Sosial Kabupaten Banjar dan Direktur PD Pasar Bauntung Batuah serta camat Martapura Barat.

“Hampir 20 harian saudara-saudara kita yang ada di Kabupaten Katingan terdampak banjir yang mana laporan tersebut ada 13 Kecamatan dan 67 desa dari 160 desa yang ada di Kabupaten Katingan” ucap Saidi dalam pidatonya.

Pemerintah Kabupaten Banjar berinisiatif untuk melaksanakan aksi peduli dan hari ini bantuan berupa sembako serta uang 50 juta rupiah nanti yang akan dibawa oleh tim relawan yang berangkat ke Kabupaten Katingan.

Ditemui secara terpisah, Kepala BPBD Kab.Banjar Irwan Kumar, bahwa aksi peduli Pemkab Banjar untuk korban bencana banjir Katingan adalah aksi solidaritas kemanusiaan yang dikoordinir Pemkab banjar bersama SKPD, Kecamatan, Desa dan organisasi kemasyarakatan unsur swasta untuk membantu meringankan beban masyarakat Kabupaten Katingan yang terdampak banjir.

BACA:  Legislatif Kabupaten Banjar Setuju Kembalikan Fungsi Balai Pemuda

“Adapun saat ini status tanggap darurat banjir untuk Kabupaten Katingan sejak tanggal 24 Agustus sampai dengan 23 september 2021 banjir melanda di 13 Kecamatan 67 desa dan 16130 jiwa dan 13013 kepala keluarga,” ungkap Kepala BPBD Kabupaten Banjar, Irwan Kumar.

Lebih lanjut ia menjelaskan bahwa penyaluran bantuan dari pemkab banjar dan unsur lainnya kepada pemkab Katingan, baik berupa dana sembako dan logistik lainnya tujuannya adalah untuk meringankan dampak bencana banjir yang melanda masyarakat yang wilayah Kabupaten Katingan.

Bantuan dari BPBD Kabupaten Banjar berupa Bantuan dana sebesar 40 juta rupiah, mie instan 500 dus, ikan sarden 1000 Kaleng, minyak goreng 150 liter, susu SGM 80 kotak, handuk 75 lembar, mukena 75 lembar, panci aluminium, cerek plastik 75 buah, piring plastik 75 buah, cerek alumunium 75 buah dan Sendok makan 200 buah.

BACA:  Segera Tukarkan Uang Pecahan Kertas Ini, Karena 30 Desember 2018 Batas Terakhir

Bantuan dari Dinas Sosial Kabupaten Banjar beras 1 ton, gula 100 kg, minyak goreng 75 liter, telur 35 kg, pakaian bekas 20 karung, mixagrip 1 dus, entrostop dewa dan anak masing masing 1 dus.

Adapun bantuan dari camat, pembakal dan masyarakat Martapura Barat berupa beras 2,5 ton, mie sedap 100 dus, gula 200 kg, sarden 10 dus, minyak goreng 100 liter, kopi 50 bungkus dan teh kotak 100 kotak.

Selain itu relawan yang diberangkatkan dari BPBD Kabupaten Banjar 7 orang, Dinas Sosial Kabupaten Banjar 10 orang, pembakal Martapura Barat dengan armada 3 truk, 2 double kabin. (Mj-40/and)

(Visited 84 times, 1 visits today)
  • Bagikan
(Visited 84 times, 1 visits today)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *