PDAM Tabalong Proyeksikan Menata Saluran Air Gunakan GIS

oleh -122 views
PDAM Tabalong Proyeksikan Menata Saluran Air Gunakan GIS
Perbaikan dan penggantian pipa baru dilakukan PDAM Tanjung. (Foto: Maulida/koranbanjar.net)

TANJUNG, Koranbanjar.net – Saat ini PDAM Tabalong tengah mengerjakan pemindahan pipa lama ke pipa baru, dikarenakan sering terjadinya kebocoran pada saluran air yang sudah berkarat dan tua serta hampir tidak bisa dideteksi lagi titik kebocoran saluran tersebut.

“Pelanggan yang ikut di pipa lama, kami pindah ke pipa baru dan sekarang lagi dikerjakan,” ujar Kepala Bagian Teknik, Slamet Budi Santosa.

Penyebab pipa pecah itu karena usia pipa tersebut sudah di atas 5 tahun, umur ekonomis pipa pvc itu rata-rata 5-10 tahun bahkan ada yang umurnya 20 tahun kena goyang sedikit sudah retak.

“Karena memang retak harus kita perbaiki terus, kami tidak ada henti-hentinya memperbaiki yang ke arah Mabuun. Pekerjaan kami banyak yang ke Mabuun karena pipanya sudah tua, getarannya banyak, alat-alat berat banyak yang lewat hingga sedikit getar, pecah,” katanya, Senin (21/10/2019).

PDAM Tabalong kurang dapat memberi pasokan air ke arah Rumah Sakit Umum Tanjung, karena saluran air tidak menggunakan pipa khusus menuju rumah sakit tapi masih bergabung dengan satu saluran yang sudah tua, sedangkan konsumsi air di sana lebih besar.

“Selama pekerjaan di beberapa titik belum selesai saya rasa belum optimal, secara bertahap dikerjakan tapi tahun ini PR kami akan mengerjakan rumah sakit,” sebut dia.

Namun dibandingkan dengan tahun ini kerusakan pipa jauh lebih parah dari tahun ini seperti di Kalahang, ada komplek itu juga tidak ngalir sekitar ratusan, di Kapar Hulu, Kampung Baru, pelanggan bermasalah di sana tetapi sudah bisa di atasi dengan memasang pipa-pipa baru.

Nanti kedepannya PDAM Tabalong membangun jaringan perpipaan per DMA (District Meter Area) jadi satu blok di kasih keran, meterindo, satu blok di Tarik ke pipa-pipa SR jadi ketika ada kebocoran tinggal di tutup saja, jadi tidak menghambat blok lain.

“Tidak seperti sekarang, semua koneksi itu masih jadi satu, jadi ketika ada bocor susah ketika mau mematikan,” katanya.

Sekarang jaringan PDAM akan ditata dengan menggunakan GIS (Geographic Information System) di tata letaknya koordinatnya sudah bisa diketahui apabila terjadi kebocoran dengan sistem satelit.

“Pipa yang baru akan dilakukan seperti itu, insyaalah tahun ini sudah ada action-nya meskipun bertahap. Dan di daerah Tanjung 3 tahun ke depan paling tidak harus punya sistem DMA dan Jorna kalua tidak susah untuk PDAM mengelola sistem distribusi,” cetusnya.

PDAM sudah dengan optimal memberikan pelayanan terbaik di Tabalong tetapi juga dapat disadari ada beberapa memiliki kekurangan khususnya di sarana yang sudah mulai tua, jadi PDAM Tabalong masih berupaya untuk memperbaiki kondisi dan menjaga kapasitas agar cukup.

“Mohon doanya untuk masyarakat Tabalong agar PDAM kita bisa eksis dan pekerjaan pekerjaan yang sudah dijadwal oleh PDAM dan Dinas PUPR berjalan dengan lancar, tepat waktu agar bisa digunakan untuk kepentingan masyarakat,” pintanya.(mj-26/dya)

Jasa Karangan Bunga di Kalimantan Selatan