BNN

PDAM Balangan Angkat Bicara Tanggapi Keluhan Warga Sumber Rejeki Terkait Timbang Pilih Pemasangan SR Gratis

  • Bagikan
(Foto: ilustrasi)

Pemasangan fasilitas Sambungan Rumah (SR) Gratis yang dijanjikan oleh PDAM Balangan kepada warga di Desa 6 Sumber Rejeki Kecamatan Juai, nampaknya akan segera terealisasi di akhir tahun 2021 ini.

BALANGAN,koranbanjar.net – Warga Desa 6 Sumber Rejeki sempat mengeluhkan janji pemasangam SR gratis yang dilaksanakan di 2020 lalu tidak direalisasikan keseluruh warga dan ini dinilai timbang pilih karena PDAM Balangan sebelumnya menjanjikan akan dipasang SR seluruh rumah warga di Desa 6 Sumber Rejeki.

Perlu diketahui tahun 2020 lalu ,Pemkab dan  PT Adaro Indonesia menganggarkan pemasangan SR untuk warga desa sumber rejeko dengan dana hampir senilai Rp1,5 miliar.

Anggaran tersebut dimanfaatkan untuk melakukan pemasangan SR pada 435 rumah di Desa Sumber Rejeki.

Menyikapi keluhan warga ini, Direktur PDAM Balangan ,Murjani melalui Kabag Teknik, Salihin tidak menampik adanya keterlambatan realisasi pemasangan SR di rumah warga di Desa 6 Sumber Rejeki namun dia membantah adanya timbang pilih pemasangan SR untuk warga.

“Ini hanya permasalahan keterlambatan proses pencairan Dana CSR oleh perusahaan, kami selaku petugas pemasangan SR hanya menyesuaikan anggaran yang ada,” terang Salihin saat ditemui koranbanjar.net di kantornya.

Diterangkannya, Program pemasangan SR gratis di Desa Sumber Rejeki ini anggarannya dari dana bantuan CSR perusahaan yakni PT Adaro Indonesia, PT SIS, PT Buma dan PT Pama.

Namun di awal pengerjaan ditahun 2020 lalu dana CSR tersebut hanya cair sebagian yakni dari PT Buma dan PT Pama

Dari Dana CSR yang cair itu dilakukan pemasangan SR yakni dari jumlah rencana total 439 SR dipasang 192 SR sesuai dengan anggaran yang ada.

“Pihak PDAM pun hanya sebagai petugas pemasangan, anggaran duitnya semuanya dikelola oleh pihak perusahaan yang menunjuk pihak ketiga sebagai pengguna anggaran CSR mereka,” jelasnya.

Dari 192 SR itupun lanjut dia, hanya 126 SR yang bisa aktif karna tersambung ke pipa line ( pipa induk, ) sisanya 66 SR masih belum bisa diaktifkan karna belum ada jaringan pipa line nya.

Terkait kapan sisa SR yang rencanakan akan dipasangkan gratis untuk warga, dia tidak bisa memastikan karna tergantung proses pencairan dari CSR Perusahaan yakni PT Adaro indonesia dan PT SIS.

“Kita sudah tanyakan ke pihak CSR Adaro dan dari jawaban mereka (PT Adaro Indonesia) secepatnya akan mencairkan dana CSR untuk pemasang SR di Desa Sumber Rejeki ini, dan info sudah proses di perusahaan pusat kemungkinan berapa bulan ke depan akan turun dananya,” ucap Salihin.

Mewakili Pihak PDAM Balangan, Salihin memohon maaf karna telatnya realisasi pemasangan SR gratis di Desa Sumber Rejeki tepatnya Desa 6 dan PDAM berjanji kalau dana Crs sudah cair dan PDAM ditunjuk untum melakukan pemasangan SR secepatnya akan dilakukan.

Terkait adanya permasalahan pemasangan SR warga di Sumber Rejeki yang dikarenakan permasalahan bantuan CSR perusahaan yang belum turun namun PDAM Balangan dinilai nekat melakukan pemasangan di tahun 2020.

Sebelumnya koranbanjar.net mengkonfirmasi pihak perusahaan yakni PT Adaro dan PDAM Balangan.

Dihubungi CSR Supervisor PT Adaro Indonesia, Andilolo, menampik bahwa pihak perusahaan tidak mencairkan anggaran CSR yang sudah disetujui untuk pemasangan SR di Desa Sumber Rejeki.

“Kita sudah melakukan proses pengajuan pencairan bantuan CSR untuk pemasangan SR di Sumber Rejeki namun membutuhkan proses administrasi perusahaan,” ungkapnya.

Dia membenarkan sebelumnya, sudah ada komitmen dari perusahaan dan pemkab Balangan untuk bantuan CSR untuk Pemasangan SR di Desa Sumber Rejeki.

Dan, PT Adaro bersama Subkon yakni PT Pama, PT SIS dan PT BUMA menganggarkan dana CSR untuk disalurkan.

Dari proses tersebut sebetulnya membutuhkan waktu dan untuk PT Adaro Indonesia yang dana CSR yang terbesar masih proses pencairan namun terkait harus cepatnya pemasangan SR ditahun 2020 lalu pihaknya tidak ikut campur karena urusan intern Pemkab dan PDAM Balangan.

“Kita pastikan komitmen kita ( PT Adaro Indonesia ) untuk bantu pemasangan SR di Desa Sumber Rejeki tetap terlaksana dan Dana CSR yang dianggarkan sekitar 1 M dipastikan akan turun, masalah pemasangan dari PDAM kita serahkan intern mereka,” sebutnya. (mj-42/dya)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

seven + nine =