Baznas

PAUD Terpadu Alam, Awalnya Cuma 9 Siswa, Kini sudah Hampir 150 Siswa

  • Bagikan

BANJARMASIN – Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) merupakan jenjang pendidikan sebelum pendidikan dasar, TK dan SD. PAUD menjadi upaya pembinaan yang ditujukan bagi anak berusia 0 hingga 6 tahun.

Anak Usia Dini akan mendapatkan rangsangan pendidikan untuk tumbuh dan berkembang , baik secara rohani maupun jasmani  agar memiliki kesiapan dalam memasuki pendidikan lebih lanjut.

Tiap PAUD memiliki metode yang berbeda-beda. Seperti salah satu PAUD di Banjarmasin ini, yakni PAUD Terpadu Alam Berbasis Karakter Sayang Ibu di bawah binaan Tim Penggerak PKK Provinsi Kalimantan Selatan yang sudah terakreditasi A.

PAUD yang beralamat di jalan HS Musaffa ini berdiri pada awal 24 November 2007 dengan jumlah murid masih 9 orang.

Kepala PAUD Sayang Ibu Banjarmasin, Widyawati Spd kepada koranbanjar.net, Selasa (23/01) mengatakan, PAUD Terpadu Alam yang berbasis karakter sayang ibu ini hadir di Banjarmasin dengan latar belakang, memperhatikan usia dini  0 – 6 tahun merupakan masa emas bagi perkembangan seorang anak, baik dari segi intelektual maupun emosional.

“Hal ini perlu perhatian serius jangan sampai periode emas ini berlalu tanpa sentuhan yang bermakna oleh orang tua maupun lingkungan,” ujarnya.

Dari jumlah siswa yang awalnya hanya 9 orang, kini PAUD Terpadu Alam sudah memiliki siswa sebanyak hampir 150 orang. Oleh sebab itu, sekarang PAUD ini mendapat bantuan pemerintah dan Dinas Pendidikan Provinsi bersama Tim Penggerak PKK dalam pengadaan sarana dan fasilitas yang telah digunakan dalam mengembangkan PAUD.

“Walaupun telah berusaha dengan sekuat tenaga dan fikiran, namun PAUD Alam Berbasis Karakter ini masih jauh dari sempurna dan kami terus belajar dan mencari masukan dari segenap pihak untuk menyempurnakan,” ungkap Widya.(leo)

  • Bagikan