AdvertorialKab Banjar

Patut Dicontoh! Pak Tomo Siapkan Ini untuk Penanggulangan Bencana

BPBD Banjar lakukan sosialisasi PRB di dua kecamatan

MARTAPURA, KORANBANJAR.NET – Guna melindungi dan mengidukasi masyarakat mengenai penanggulangan bencana, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Banjar laksanakan Sosialisasi Pengurangan Risiko Bencana (PRB) kepada masyarakat di dua kecamatan Kabupaten Banjar.

Dua kecamatan tersebut yakni di Desa Munggu Raya, Kecamatan Astambul, Rabu (31/10), dan di Desa Sungai Batang, Kecamatan Martapura Barat, Kamis (01/11) lalu.

Sosialisasi ini mengenai sistem dan mengurangi resiko akibat bencana. Kepala BPBD Banjar,
Drs H M Irwan Kumar M.AP, mengapresiasi kepada masyarakat yang sedia mengikuti sosialisasi tersebut dan peduli terhadap bencana.

Ia menceritakan, ada hal menarik dilakukan Pak Tomo, warga Sungai Batang, yang patut dicontoh oleh masyarakat lainnya.

“Ada hal menarik dilakukan Pak Tomo, dia membuat embung secara pribadi seluas 2 hektar dengan kedalaman sekitar 5 meter, yang nanti bisa digunakan untuk keperluan umum dan dipersilakan menjadi salah satu sumber air untuk kegiatan penanganan karhutla di wilayah Sungai Batang, Cindai Alus dan sekitarnya,” ujar Irwan.

BACA JUGA  Baru Dilantik, Kepala BPBD Banjar ; Kami akan Lakukan Terobosan Baru dalam Tangani Karhutla

Selain itu, lanjutnya, bisa juga sebagai kolam yang bisa diambil airnya oleh heli water bombing karhutla. “Yanng dilakukan Pak Tomo itu merupakan salah satu upaya dalam PRB, yaitu mitigasi struktural di samping kegiatan sosialisasi Ini yg mrupakan salah satu upaya mitigasi non struktural,” tuturnya.

Terkait sosialisasi PRB, Irwan mengatakan amanat yang tertuang pada UU No 24 th 2007 tentang Penanggulangan Bencana di Indonesia dan Perda Kabuoaten Banjar No 18 tahun 2014 tentang Penyelenggaraan Penanggulangan Bencana di Kabupaten Banjar.

“Pemerintah Kabupaten Banjar bertanggung jawab melindungi dan memberikan edukasi kpd seluruh masyarakat di Wiilayah Kabupaten Banjar mengenai sistem penanggulangan bencana dan pengurangan risiko bencana dalam rangka mewujudkan kesejahtetaan masyarakat,” tutupnya.

BACA JUGA  Papan Larangan Membuang Sampah tak Digubris

Pada sosialisasi yang bekerjasama dengan PMI Kabupaten Banjar tersebut diikuti puluhan warga di kecamataan tersebut. (dra)

Tags

Radio STAR FM
The Spirit of Banjarbaru. Hanya di 90.5 FM

Info Bisnis Kalimantan
Berita seputar bisnis dan ekonomi di Kalimantan terkini.

TandaPetik.Com - Media Komunitas
Gabung sekarang juga. Tuliskan ide, opini dan pengalamanmu.

IKLAN BARIS ONLINE MURAH
Hub. 081348024288 | 0821159171296
KORANBANJAR.NET

Baca Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close