Pasca Banjir di Banjarbaru, Apakah Ada Lonjakan Positif Covid-19?

oleh -342 views
Terlihat rumah warga Kalsel yang terendam banjir beberapa waktu lalu (sumber foto: koranbanjar.net)

Setelah lebih 10 hari dilanda banjir, apakah ada lonjakan positif Covid-19 di Kota Banjarbaru? Kadinkes menyebutkan ada, tapi secara umum, dan tidak karena banjir, melainkan dugaan pasca libur akhir tahun lalu.

BANJARBARU, koranbanjar.net – Diketahui Kalimantan Selatan termasuk Banjarbaru, sepuluh hari lalu memang ditimpa musibah air bah. Bahkan, hingga kini, di beberapa tempat di Kalsel, masih ada rumah warga yang terendam banjir.

Mengingat hal itu, warga yang diungsikan ke beberapa posko yang disediakan relawan TNI/Polri serta pemerintah setempat, maka wajar jika masyarakat luas bertanya-tanya terkait prokes dan apakah ada kenaikan angka positif Covid-19 di sejumlah kabupaten/kota?

Di Banjarbaru, menurut Kepala Dinas Kesehatannya, Rizana Mirza menyatakan ada lonjakan, tapi secara umum atau nasional. Bahkan ia menyebutkan, lonjakan yang terjadi bukan karena musibah banjir dan lainnya, melainkan diduga pasca akhir tahun kemarin.

“Kasus Covid-19 memang ada peningkatan. Sebagaimana secara nasional dan dari daerah-daerah lainnya juga ada kenaikan yang cukup tinggi. Dari perkiraan yang ada ini, dampak libur dari Nataru pada akhir Desember dan awal Januari,” tulis Kadinkes saat dihubungi, Jumat (22/1/2021).

Ujar Mirza, Kalau dari pasca banjir, saat ini belum terdeteksi, karena baru saja terjadi. Ia juga berharap agar tak ada lonjakan yang signifikan dari posko-posko pengungsian.

Pihaknya juga sudah berupaya agar dipengungsian disiplin menjalankan protokol kesehatan. “Masker juga sebagian sudah dibagikan nakes ketika melakukan pemeriksan kesehatan terhadap pengungsi, agar mereka bisa memakainya,” sambung dia.

Dirinya berpesan, agar semua pihak tetap disiplin melakukan prokes untuk mencegah penularan Covid-19 yang akhir-akhir ini cukup meningkat. (san/maf)

Jasa Karangan Bunga di Kalimantan Selatan