oleh

Pasar Kandangan Akan Terapkan Parkir Elektronik, Tarifnya?

KANDANGAN, koranbanjar.net – Pasar Los Batu Kandangan akan diterapkan parkir sistem elektronik. Jika tidak ada aral melintang, Februari 2020 mendatang sudah mulai dioperasikan dengan tarif tetap tidak memakai sistem per jam.

Pasar yang berada di Jalan Pangeran Antasari, Kandangan, Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS) itu sebelumnya memakai sistem karcis manual.

Parkir kendaraan roda 2 maupun 4 di pasar tersebut berada di lantai dua.

Plt Kepala Dinas Perdagangan (Disdag) Kabupaten HSS Gusti Achmad Riduan mengatakan, penerapan parkir elektronik dimaksudkan untuk mempermudah sistem dan lebih modern.

“Selain itu, hal ini dapat meminimalisir terjadinya selisih penghitungan pendapatan harian,” ucapnya kepada koranbanjar.net beberapa waktu lalu.

Kabid Pengelolaan Pasar Disdag HSS Dedy Hamdani mengungkapkan, direncanakan awal Februari 2020 sudah bisa diberlakukan sistem elektronik.

Sebelum dioperasionalkan terang Dedy, pihaknya akan membekali dahulu petugasnya dengan melakukan pelatihan.

“Terutama cara mengoperasionalkan masuk, keluar serta penghitungannya, jadi insya Allah Februari awal sudah bisa diterapkan,” tambahnya.

Mengenai harga parkir jelasnya, akan tetap sistem harian dan tidak hitungan jam.

“Harganya tetap untuk roda dua dikenai 2 ribu rupiah, dan roda 4 seharga 3 ribu rupiah,” terangnya.

Dedy menuturkan, dengan diberlakukannya sistem elektronik maka akan mempermudah penghitungan, mengurangi selisih yang dapat meningkatkan pendapatan asli daerah (PAD).

Pendapatan parkir pasar Kandangan dibeberkannya, sebanyak 3 juta rupiah per hari.

“Kita berharap setelah ini beroperasi PAD dari itu akan meningkat sampai 30 persen, kita doakan saja semoga semuanya berjalan lancar,” pungkasnya. (yat/dya)

Komentar

Dari Rubrik Pilihan: