oleh

Pasar Galuh Cempaka Diisukan Pindah, Gedung Baru Sampai Saat Ini Belum Digunakan

BANJARBARU, koranbanjar.net – Pasar Rakyat Galuh Cempaka Banjarbaru diisukan pada Selasa (10/9/2019) dilakukan pemindahan, ke gedung Pasar yang baru dibikin letaknya tidak jauh dari lokasi pasar sebelumnya. Namun saat koranbanjar.net memantau dilapangan belum ada pemindahan sama sekali, Selasa (10/9/2019) siang.

Pedagang Pasar Penjual Ikan, Sarkiah mengungkapkan belum ada pemindahan pasar.

“Dalam gedung itu luas, diresmikan saja belum apalagi dipindah,” ujarnya kepada koranbanjar.net saat ditemui.

Ia menjelaskan, dirinya berjualan ikan dipinggiran jalan tepatnya dibawah.“Kalau Pasar Galuh Cempaka, hanya buka seminggu 2 kali. Setiap hari Selasa dan Jumat,” lanjutnya.

Pasar di mulai dari pukul 07.00 sampai dengan pukul 11.00 wita. Ketika disinggung mengenai apakah sudah mendapatkan informasi dari Pemerintah kapan akan diresmikan, dirinya menjawab belum mengetahui secara pasti.

“Rencana pemindahan ini sebenarnya sudah lama sejak 15 tahun yang lalu, tetapi sampai saat ini belum juga dipindah. Katanya orang ini proyek gagal tidak dikerjakan lagi,”katanya.

Ia menegaskan, Pasar Galuh Cempaka sudah ada sejak 15 tahun yang lalu sedangkan bangunan pasar yang baru untuk pemindahan Pasar Rakyat Galuh Cempaka baru saja sekitar 1 tahun yang lalu.

“Itupun gedung yang baru ini katanya hanya untuk pedagang yang berjualan seperti baju, buku. Pokoknya yang tidak ada baunya lah, kalau dicampur dengan kami yang berjualan ikan seperti ini kan mereka tidak mau karena bau. Rencananya, kami katanya akan dibangunkan juga gedung khusus seperti untuk jualan ikan, ayam, sayur dan sebagainya tetapi gedungnya diletakkan di pinggir sungai supaya bekas kotoran ikan bisa langsung dibuang di sana,” tuturnya.

Namun, terpantau gedung khusus tersebut sampai saat inipun masih belum dibangun pondasinya.
“Kalau kami ya setuju saja jika dipindah, kan sesuai kuasa perintah dari Pemerintah asalkan jualan lancar dan laku,” bebernya.

Dirinya mengakui, sempat melihat dari pemberitaan salah satu media yang mengatakan Gedung Pasar baru yang digunakan untuk pemindahan Pasar Galuh Cempaka tersebut menghabiskan dana lebih dari Rp 4 M. (ykw/maf)

Komentar

Berita Terkini