Banjar  

Pasar Batuah Lantai II Masih Berantakan, Begini Kondisi Terakhir

Kondisi Pasar Batuah Lantai II. (Foto: Koranbanjar.net)
Kondisi Pasar Batuah Lantai II. (Foto: Koranbanjar.net)

Penataan Pasar Batuah Martapura, terutama Pasar Batuah Lantai II sepertinya menjadi PR besar atau ‘Pekerjaan Rumah’ bagi Perumda Pasar Bauntung Batuah (PBB). Bagaimana tidak? Sampai sekarang kondisi Pasar Batuah Lantai II masih terlihat kotor, jorok dan berantakan.

Martapura, Denny Setiawan

Kesan pertama yang akan dijumpai pengunjung Pasar Batuah begitu menginjakkan kaki di Lantai II sudah dipastikan, duh joroknya…, kotornya… , dan lain-lain. Terlebih kawasan Pasar Batuah Lantai II sebelumnya dikenal dengan ‘sarang’ preman, menjadi tempat untuk mabuk-mabukan hingga menimbulkan kesan angker dan menakutkan.

Senin pagi, 24 Juni 2024, reporter koranbanjar.net telah menelusuri lorong-lorong Pasar Batuah Lantai II di Kota Martapura. Sebagian besar pertokoan di kawasan itu hanya diisi oleh toko-toko yang menawarkan jasa tata rias pengantin serta menyewakan busana pengantin dan properti pendukung.

Sementara di sekitar pertokoan hanya lorong-lorong dan menjadi tempat penumpukkan meja-meja atau lapak dagangan. Bukan dagangan tata rias pengantin, melainkan lapak dagangan PKL (Pedagang Kaki Lima) yang berjualan di malam hari.

Lapak-lapak dagangan itu ditumpuk di banyak tempat, sehingga menimbulkan kesan kumuh dan berantakan. Ironinya, lapak-lapak dagangan itu hanya berbahankan kayu-kayu yang sudah lapuk. Bahkan lapak-lapak itu menumpuk di banyak titik lokasi, tidak hanya di satu titik lokasi.

“Ini lapak-lapak pedagang yang jualan malam hari di depan, ditumpuk disini pak. Nanti sore menjelang malam dipakai untuk jualan, kemudian tengah malam diangkut lagi ke sini, ” ungkap satu pedagang yang tidak ingin namanya disebutkan.

Pedagang itu berandai-andai, kalau pihak berwenang bisa menata dan merapikan tempat ini, tentu kawasan Pasar Batuah Lantai II akan menjadi ramai pengunjung.

“Apalagi dulu, pengunjung banyak takut naik ke lantai II ini, karena takut banyak preman. Tapi sekarang sudah tidak ada lagi, sekarang sudah aman,” katanya.

Dia jua menyarankan, PKL-PKL yang menumpuk lapak dagangan punya tempat khusus, sehingga tidak ditumpuk berserakan, akan lebih baik pihak berwenang yang menyediakan tempat penumpukan dengan rapi.

Sementara itu, Direktur Utama Perumda Pasar Bauntung Batuah, Rusdiansyah saat dikonfirmasi menjelaskan, bahwa salah satu kawasan yang menjadi agenda penataan adalah Pasar Batuah Lantai II.

“Kami sudah mempersiapkan perencanaan penataan Pasar Batuah Lantai II. Dan Lantai II memang menjadi target kami untuk ditata dan difungsikan agar lebih baik,” ungkapnya. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *