Parah! Sirene Peringatan Siaga Banjir di Barabai Berbunyi

Polsek Haruyan Hulu Sungai Tengah menginformasikan ketinggian air mencapai 60 centimeter, Kamis (16/3/2023) pukul 19.10 Wita. (Sumber Foto: Tangkapan layar dari video Polsek Haruyan/koranbanjar.net)

Sirene tanda Siaga Banjir dibunyikan Kamis (16/3/2023) sekitar pukul 19.56 Wita karena parahnya kondisi ketinggian air dan banjir yang melanda pada beberapa kecamatan di Kabupaten Hulu Sungai Tengah  (HST)

HULUSUNGAITENGAH, koranbanjar.net –  Sirene Siaga Banjir yang berada di Jembatan DPRD HST telah dibunyikan sebagai tanda pemberitahuan kepada warga.

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) HST, H.Budi menyampaikan, sore sampai setelah magrib tadi hujan cukup deras mengguyur beberapa kecamatan di HST.

Seperti kecamatan Haruyan, Kecamatan Hantakan dan Kecamatan Batu Benawa, serta Kecamatan Barabai.

“Memang ketinggian air di wilayah tersebut cukup signifikan berkisar dua meter di atas ketinggian sungainya yang juga meluap dan mencapai rumah warga hinga terdampak di kecamatan setempat,” kata Budi.

Kepala Pelaksana BPBD HST, H.Budi menyampaikan, sore sampai setelah magrib hujan cukup deras pada beberapa kecamatan, Kamis (16/3/2023). (Sumber Foto: mdr/koranbanjar.net)

Lebih lanjut Budi menyampaikan bahwa sesuai arahan Bupati HST H. Aulia Oktafiandi dan Sekda H.Muhammad Yani, mereka melakukan langkah langkah penanganan bekerja sama dengan TNI – Polri, Dinas Sosial, para camat untuk mempersiapkan dapur umum.

Juga, melakukan penanganan dan droping kebutuhan dasar kalau memang kondisinya semakin mendesak dan memburuk.

“Tadi kami secara berjenjang sudah membunyikan alarm yang berada di samping kantor DPRD atau Jembatan DPRD karena alat ukur yang berada di Desa Alat Kecamatan Hantakan dan alat di bendungan Desa Mu’ui Kecamatan Haruyan menunjukkan kenaikan cukup tinggi,” jelasnya, perihal dibunyikannya sirene.

Sesuai persetujuan Sekda HST maka anggota BPBD sudah membunyikan alarm atau sirene sehingga warga yang berada di seputaran kota Barabai sedianya bersiap-siap menghadapi banjir.

Kepala Pelaksana BPBD H.Budi menghimbau bagi warga berada di daerah bantaran sungai siap siaga dan selalu waspada.

“Karena bagaimana pun kondisi ketinggian air bisa berubah,” kata Budi, yang mengingatkan bahwa sirene siaga banjir sudah dibunyikan. (mdr/dya)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *