Berita UtamaKota Banjarmasin

Pangkalan Gas Elpiji 3Kg di Basirih Diduga Jual Diatas HET

BANJARMASIN, KORANBANJAR.NET – Pangkalan gas elpiji 3Kg bersubsidi di kawasan Jalan Tembus Mantuil, Kelurahan Basirih Selatan, Kecamatan Banjarmasin Selatan, Kalimantan Selatan (Kalsel), diduga menjual diatas Harga Eceran Tertinggi (HET) yang diberlakukan pemerintah.

Saat KoranBanjar.net mendatangi pangkalan tersebut, Selasa (5/2) sekitar pukul 17.00 Wita, bertepatan dengan kedatangan truk pengangkut gas elpiji berwarna merah dengan tulisan Pusat Koperasi Polisi Daerah (Puskopolda) pada bagian samping bak mobil.

Menurut informasi seorang warga yang saat itu sedang mengantri, pangkalan yang tidak dilengkapi dengan papan nama tersebut menjual satu tabung gas elpiji 3Kg seharga Rp. 19ribu.

“Biasa memang segitu harganya (Rp. 19ribu, red). Ini saya dapat dua,” ujarnya seraya meminta agar namanya dirahasiakan.

Seorang warga lainnya yang saat itu juga tengah mengantri, mengatakan saat ini pembelian gas elpiji 3Kg di pangkalan tersebut dibatasi paling banyak dua tabung saja.

“Pemilik pangkalan tidak memberikan banyak, paling dua tabung saja untuk satu orang pembeli. Warung-warung disekitar sini juga tidak dikasih lagi,” katanya.

Pangkalan di Basirih tanpa papan nama yang diduga menjual gas elpiji 3Kg diatas HET. (foto: al/koranbanjar.net)

Salah seorang pekerja di pangkalan yang enggan menyebutkan namanya, membenarkan pihaknya menjual dengan harga Rp. 19ribu per tabung.

“Betul (menjual dengan harga Rp. 19ribu),” ujarnya seraya menambahkan, bahwa pangkalan tersebut pernah dua kali dilaporkan dengan tuduhan tidak melayani warga sekitar.

KoranBanjar.net berinisiatif melihat kedalam ruangan bangunan pangkalan dan terlihat masih cukup banyak tabung gas elpiji 3Kg yang tersimpan.

Menurut pekerja di pangkalan tersebut, gas elpiji 3Kg yang tersimpan dalam ruangan itu milik pelanggan yang sudah memesan sebelumnya.

“Kami punya banyak pelanggan,” ujarnya.

Saat KoranBanjar.net mencoba bertemu dengan pemilik pangkalan untuk konfirmasi, dikatakan yang bersangkuta sedang tidak ditempat.

Menurut informasi warga, pemilik pangkalan sedang pergi merayakan Tahun Baru Imlek.

Di Kalsel sendiri HET yang berlaku, sesuai Keputusan Gubernur Kalsel No 188.44/047/KUM/2015 tentang Penetapan Harga Eceran Tertinggi Elpiji Tabung 3Kg adalah Rp 17.500. (al/ndi)

Tinggalkan Balasan

Close