oleh

Panen Raya Padi di Desa Mandala

Bupati Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS) Achmad Fikry melaksanakan, panen raya padi unggul lokal kelompok tani (Poktan) Balanti, di Desa Mandala, Kecamatan Telaga Langsat, Kabupaten HSS, Kamis (12/11/2020) kemarin.

HULUSUNGAISELATAN, koranbanjar.net – Ini merupakan program kerja sama antara Pemerintah Kabupaten (Pemkab) HSS bersama PT Bank Kalsel.

“Alhamdulillah, Direktur Utama (Dirut) Bank Kalsel beserta jajaran turut bersedia. Mengikuti panen raya padi, bibit unggul lokal ini,” kata Bupati HSS, Achmad Fikry.

Ia menjelaskan, panen ini hasil dari musim tanam kedua. “Rata-rata di Telaga Langsat. Khususnya, yang dilewati aliran irigasi. Masa tanam, terdapat dua kali dalam setahun,” lanjutnya.

Diperkirakan, hampir 90 persen warga di Kabupaten HSS memiliki mata pencaharian sebagai petani. “Jika petani sejahtera, maka sejahtera pula masyarakatnya,” ucapnya.

Ia mengungkapkan, pihaknya memprioritaskan program petani. Namun, petani sering kali terkendala stabilitas harga. Meski pemerintah melalui Bulog, sudah menjadi penyangga harga sekitar Rp 4.800.

“Petani kita berharap, harga bisa diatas angka penyangga Bulog. Ini yang terus kita pikir, agar petani bisa menikmati harga sesuai dengan harapan,” paparnya.

Menurutnya, salah satu solusi guna mengantisipasi yaitu bantuan modal dari Bank Kalsel. Diharapkan, perbankan bisa menjemput bola. “Jika sudah ada kesepakatan dengan petani, semoga bisa segera selesai di lapangan,” imbuhnya.

Selain itu, mempermudah berbagai prosedur untuk poktan. Kalau sudah lengkap, langsung transaksi.

Seperti diketahui, penyerahan bantuan dilakukan secara simbolis, berupa pupuk dan benih padi unggul F16 ke perwakilan Poktan Kecamatan Telaga Langsat oleh Direktur Umum Bank Kalsel, Agus Syabarruddin dan Kepala Bank Kalsel cabang Kandangan, Syamsir. (MJ-030/YKW)

Komentar

Dari Rubrik Pilihan: